Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 3 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Metode Experiential Learning Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Remaja di Jemaat Nita Duma, Galela Barat

Fenska Duwita Ragam (Universitas Hein Namotemo)
Sahrestia Kartianti (Universitas Hein Namotemo)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan  layanan bimbingan kelompok dengan metode experiential learning dalam meningkatkan kepercayaan diri pada remaja di Jemaat Nita Duma, Galela Barat. Pendekatan penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kepercayaan diri berdasarkan hasil data pretest, rata-rata tingkat kepercayaan diri remaja sebelum mengikuti bimbingan kelompok dengan metode experiential learning, yaitu sebesar 86,8 .Setelah mengikuti bimbingan kelompok dengan metode experiential learning, diperoleh hasil data posttest yaitu sebesar 99,6 .Hal ini menunjukan bahwa ada peningkatan tingkat kepercayaan diri pada remaja sebesar 12,8. Hasil uji paired t-tes diperoleh nilai Thitung 7,796 > Ttabel 2,200 dan nilai signifikan atau Sig. (2-tailed) 0,000 yang menunjukan bahwa nilai signifikan data pretest dan posttest yaitu 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga disimpulkan bahwa Layanan Bimbingan Kelompok dengan Metode Experiential Learning dapat Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Remaja Nita Duma, Galela Barat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...