Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan metode experiential learning dalam meningkatkan kepercayaan diri pada remaja di Jemaat Nita Duma, Galela Barat. Pendekatan penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kepercayaan diri berdasarkan hasil data pretest, rata-rata tingkat kepercayaan diri remaja sebelum mengikuti bimbingan kelompok dengan metode experiential learning, yaitu sebesar 86,8 .Setelah mengikuti bimbingan kelompok dengan metode experiential learning, diperoleh hasil data posttest yaitu sebesar 99,6 .Hal ini menunjukan bahwa ada peningkatan tingkat kepercayaan diri pada remaja sebesar 12,8. Hasil uji paired t-tes diperoleh nilai Thitung 7,796 > Ttabel 2,200 dan nilai signifikan atau Sig. (2-tailed) 0,000 yang menunjukan bahwa nilai signifikan data pretest dan posttest yaitu 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga disimpulkan bahwa Layanan Bimbingan Kelompok dengan Metode Experiential Learning dapat Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Remaja Nita Duma, Galela Barat.
Copyrights © 2023