Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang penggunaan media lagu dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan yang inovatif. Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber penelitian ini adalah peserta didik, dengan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan/verifikasi. Penelitian ini dapat menjadi rujukan dalam penggunaan media lagu untuk meningkatkan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang inovatif cocok untuk diterapkan serta kepada peserta didik dari sebelumnya yang hanya menggunakan media belajar yang konvensional sehingga siswa cenderung monoton dan kaku, serta siswa kurang dan kurang memperhatikan dalam mengikuti proses pembelajaran. Sehingga dalam proses pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan media lagu siswa dapat memahami tentang pelajaran yang di berikan oleh guru dengan mudah. Sehingga pada saat siswa mengerti dan pahaman dengan pembelajaran yang di berikan oleh guru sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan tujuan pembelajaran pun tercapai.
Copyrights © 2023