Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 3 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Analisis Pengaruh Faktor Fundamental dan Economic Value Added (EVA) Terhadap Return Saham (Studi Pada Saham Perusahaan Yang Tercatat Aktif Dalam LQ45 di BEI Periode 2013-2017)

Ekky Gilang Pamungkas (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Solehudin Solehudin (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Nunung Nurhasanah (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor fundamental dan nilai tambah ekonomi terhadap return saham. Data ini dikumpulkan dari ICMD dan laporan keuangan tahunan emiten periode 2003 – 2007. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 45 perusahaan dan jumlah sampel adalah 17 komoditas dengan tahapan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan return saham pada perusahaan yang diteliti dengan asumsi variabel return on asset, harga saham, quick assets to inventory, debt to equity ratio, net profit margin, earning per share dan economic value added tidak mengalami perubahan. Variabel ROA dan QAI tidak berpengaruh positif signifikan terhadap return saham pada perusahaan yang terdaftar di LQ 45, sedangkan variabel PER, NPM, EPS dan EVA berpengaruh positif signifikan terhadap return saham sedangkan variabel DER berpengaruh negatif signifikan terhadap return saham pada perusahaan yang terdaftar di LQ 45 BEI.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...