Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 3 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Kepercayaan Diri terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Adhyaksa I Jambi

Poppi Lestari (Universitas Jambi)
Nelyahardi Gutji (Universitas Jambi)
Rully Andi Yaksa (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2023

Abstract

Persoalan remaja yang ada dilingkup sekolah sangat beragam tapi sebagian besar mencakup kegiatan belajar mengajar. Motivasi sangatlah berperan penting terutama dalam kegiatan belajar seorang siswa, dengan adanya motivasi maka siswa akan lebih cepat dalam memahami dan mempelajari setiap materi yang diajarkan selama proses belajar mengajar berlangsung. Kepercayaan diri seorang siswa dapat menumbuhkan motivasi dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh kepercayaan diri terhadap motivasi belajar siswa. Pada penelitian ini akan membahas tentang motivasi belajar siswa. Kepercayaan diri dalam penelitian ini merujuk pada pendapat Ghufron yaitu: keyakinan akan kemampuan diri, optimis, objektif, bertanggung jawab dan rasional. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Adhyaksa I Jambi dengan jumlah sampel 80 siswa. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Data diambil menggunakan angket secara langsung turun ke lapangan yang terdiri dari pernyataan variabel kepercayaan diri (X) dan pernyataan motivasi belajar (Y). Kemudian data diolah menggunakan SPSS versi 2.0. Pengaruh kepercayaan diri terhadap motivasi belajar siswa di SMA Adhyaksa I Jambi sebesar 0,239 atau 23,9 % dengan kategori sedang atau cukup kuat. Setiap penambahan 1% nilai kepercayaan diri sebagai variabel (X) maka motivasi belajar siswa (Y) akan menurun sebesar 0,446 dan begitupun sebaliknya. Dilihat pada tabel ANOVA diketahui Sig 0,002. Jadi 0,002 <0,05 hal ini dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh variabel kepercayaan diri secara signifikan terhadap variabel motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...