Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajarn Creative Problem Solving untuk pada materi aljabar di kelas VII SMP Swasta Gajah Mada Medan tahun 2023/ 2024. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Quasi Ekspremen. Populasi dalam penelitian adalah Seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Gajah Mada Medan yang terdiri dari satu rombel. Jumlah sampel dalam penelitian ini sama dengan jumlah populasi yaitu seluru siswa kelas VII SMP Swasta Gajah Mada Medan yang terdiri dari satu rombel dengan jumlah siswa 30 orang. Dari hasil perhituga Kolmogorov-Smirnova diperoleh nilai sig. > 0,05 yang menunjukka bahwa kedua data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas juga menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang homogen karena nilai sig. > 0,05. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep peserta didik di Kelas VII SMP Swasta Gajah Mada Medan T.P. 2022/2023 yang diajaraka dengan model pembelajran CPS pada materi aljabar sagat signifikan karena hasil anova untuk seluruh aspek menunjukkan nilai sig. < 0,05.
Copyrights © 2023