Dalam pengajaran tata bahasa, ada dua strategi yang dapat digunakan di kelas, yaitu deduktif dan induktif. Ada banyak penelitian sebelumnya mengenai kepercayaan guru dan praktik mereka, dan banyak menemukan ketidaksesuaian antara apa yang dinyatakan oleh guru dan bagaimana itu tercermin di kelas. Kepercayaan guru adalah salah satu aspek yang mempengaruhi kegiatan kelas guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kepercayaan guru pemula dan bagaimana hal itu tercermin dalam kelas. Studi ini melibatkan seorang guru bahasa Inggris pemula yang saat ini mengajar di sekolah menengah pertama swasta di daerah Jakarta. Penelitian ini mengadopsi studi kasus dengan analisis tematik menggunakan wawancara dan observasi semi-struktur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa positif “apprenticeship of observation” (AO) guru pemula selama sekolah menengah kejuruan memiliki dampak yang besar pada hidupnya, terutama peran dari guru bahasa Inggris dari guru pemula tersebut. AO positif ini menjadi dasar guru pemula dalam pengajaran tata bahasa, yang merupakan tata bahasa pengajaran deduktif yang juga terlihat selama observasi kelas. Akhirnya, kepercayaan guru pemula dan prakteknya dalam pengajaran tata bahasa adalah seseuai dimana guru pemula cenderung menggunakan pengajaran dedukti saat mengajar tata bahasa.
Copyrights © 2023