Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya masalah pada minat belajar para peserta didik ketika dalam proses pembelajaran di karenakan metode pembelajaran yang digunakan pendidik adalah metode konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT saat belajar agar siswa tidak merasa jenuh ketika sedang belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dengan siswa kelas VIII sebagai sampel sebanyak 61. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner, dengan uji statistik yaitu uji validasi, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian diperoleh adanya keefektifan dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT terhadap minat belajar siswa dengan nilai signifikasi 0,00 0,05, thitung (11,736) ttabel (1,671) uji koefisien determinasi (R2) menyatakan bahwa minat belajar siswa meningkat sebesar (70,0%) setelah memanfaatkan media pembelajaran berbasis ICT. Keefektifan dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT terhadap minat belajar peserta didik memanfaatkan media pembelajaran berbasis ICT sebesar (70,0%).
Copyrights © 2023