Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 4 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Efektivitas Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Era Society 5.0 di Kelas VIII Daar Al-Ilmi

Awanda Eka Syfani (Universitas Bina Bangsa)
Dewi Surani (Universitas Bina Bangsa)
Ade Fricticarani (Universitas Bina Bangsa)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya masalah pada minat belajar para peserta didik ketika dalam proses pembelajaran di karenakan metode pembelajaran yang digunakan pendidik adalah metode konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT saat belajar agar siswa tidak merasa jenuh ketika sedang belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dengan siswa kelas VIII sebagai sampel sebanyak 61. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner, dengan uji statistik yaitu uji validasi, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian diperoleh adanya keefektifan dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT terhadap minat belajar siswa dengan nilai signifikasi 0,00 0,05, thitung (11,736) ttabel (1,671) uji koefisien determinasi (R2) menyatakan bahwa minat belajar siswa meningkat sebesar (70,0%) setelah memanfaatkan media pembelajaran berbasis ICT. Keefektifan dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT terhadap minat belajar peserta didik memanfaatkan media pembelajaran berbasis ICT sebesar (70,0%).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...