Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 4 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kemandirian Belajar Siswa di SMPN 5 Kota Jambi

Ruth Claudia Novianty Pandiangan (Universitas Jambi)
Nelyahardi Gutji (Universitas Jambi)
Rully Andi Yaksa (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya suatu bentuk kondisi yang dimana siswa kurang mampu bertanggung jawab terhadap kewajibannya dalam belajar seperti siswa tidak menyelesaikan tugas dengan tepat waktu, siswa sering menumpuk tugas dan terlambat dalam mengumpulkan tugas yang diberikan oleh bapak/ibu guru. Kemandirian belajar terjadi disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satunya yaitu lingkungan keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kualitas lingkungan keluarga siswa, untuk mengungkapkan kualitas kemandirian belajar siswa dan untuk mengungkapkan pengaruh lingkungan keluarga terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII di SMPN 5 Kota Jambi. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIII di SMPN 5 Kota Jambi. Lingkungan keluarga yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu mengenai cara orangtua mendidik, relasi antar anggota keluarga, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga dan kemandirian belajar yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu bertanggung jawab dalam belajar, berbuat aktif dan kreatif dalam belajar dan mampu memecahkan problem belajar. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan expost-facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 5 Kota Jambi dengan jumlah 355 orang siswa, jumlah sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 82 orang siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan uji normalitas, uji linearitas dan uji analisis regresi sederhana dengan bantuan program SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan (1) Secara umum kualitas lingkungan keluarga siswa kelas VIII di SMPN 5 Kota Jambi berada dalam kategori baik (81%). (2) Secara umum kualitas kemandirian belajar siswa kelas VIII di SMPN 5 Kota Jambi berada dalam kategori baik (70%). (3) Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII di SMPN 5 Kota Jambi, didapatkan r square sebesar 0,240 atau 24% dengan kategori penafsiran cukup kuat memberikan pengaruh. Hendaknya guru BK dan orangtua siswa dapat bekerjasama untuk membimbing dan meningkatkan kemandirian belajar siswa. Kata kunci : Lingkungan Keluarga, Kemandirian Belajar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...