Ekasakti Matua Jurnal Manajemen
Vol. 1 No. 1 (2023): (EMJM) Ekasakti Matua Jurnal Manajemen (Januari 2023)

Pengaruh Citra Merek, Harga, Promosi, Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Oppo Di Konter K-Onesmartphone Air Haji Kabupaten Pesisir Selatan

Hara Dea Lewiska (Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang)
Salfadri Salfadri (Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang)
Yulistia Yulistia (Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2023

Abstract

Abstract: This study aims to determine the effect of Brand Image, Price, and Promotion on Mobile Purchase Decisions at the K-One Smartphone Counter in Air Haji Pesisir Selatan. The method used in this study is by using field research and literature. The population in this study was 984 people and the sample used a random sampling technique. The results of this study indicate that: the dominant indicator of the brand image variable is the strength of the brand association with the respondent's achievement level of 79.9%. The dominant indicator of the price variable is the affordability of the respondent's level of ability as much as 80.7%. The dominant indicator on the promotion variable is sales promotion with the respondent's achievement level of 82.3%. The dominant indicator on the purchasing decision variable is the habit of buying products with the respondent's level of ability as much as 81.0%. Brand image partially influences purchasing decisions. It is evident from the results of the t-table value of 1,987. So t count is 2,613 which displays greater than the t value table of 1.9872. So that t count > t table and the calculated sig value obtained is 0.011 <0.05 so that Ho is rejected and Ha is accepted. Brand image (X1) Price (X2) and Promotion (X3) simultaneously have a positive and significant effect on purchasing decisions. It is evident from the results of the calculated f value of 31.933 which is greater than the f table which is equal to 2.71 and the sig value resulting from the calculation is 0.000 which is smaller than the α used of 0.05 or 5%. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Merek Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone di Konter K – One Smartphone di Air Haji Pesisir Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan riset lapangan dan pustaka.Populasi dalam penelitian ini sebanak 984 orang dan sampel menggunakan teknik random sampling. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : indikator dominan pada variabel citra merek adalah kekuatan asosiasi merek dengan tingkat capaian responden sebanyak 79.9%. Indikator dominan pada variabel harga adalah keterjangkauan harga dengan tingkat capaian responden sebanyak 80,7%. Indikator dominan pada variabel promosi adalah promosi penjualan dengan tingkat capaian responden sebanyak 82.3%. Indikator dominan pada variabel keputusan pembelian adalah kebiasaan dalam membeli produk dengan tingkat capaian responden sebanyak 81.0%.Citra merek secara parsial berpengaruh parsial terhadap keputusan pembelian.Terbukti dari hasil nilai t tabel sebesar 1.987.sehingga t hitung 2.613 yang nilainya lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1.9872. Sehingga t hitung > t tabel dan nilai sig perhitungan yang diperoleh adalah sebesar 0.011 < 0.05 jadi Ho ditolak dan Ha diterima. Citra merek(X1) Harga(X2) dan Promosi(X3) secara simultan / bersama – sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Terbukti dari hasil nilai f hitung 31,933 yang lebih besar dari f tabel yaitu sebesar 2.71 dan nilai sig yang dihasilkan dari perhitungan adalah 0.000 yang lebih kecil dari α yang digunakan sebesar 0.05 atau 5%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

EMJM

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Ekasakti Matua Jurnal Manajemen (EMJM), merupakan jurnal peer-review yang dikelola dan diterbitkan empat kali dalam setahun (Januari, April, Juli, dan Oktober) oleh Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, LPPM Universitas Ekasakti dan Dharma Indonesia Tercinta (DINASTI) Publisher Group. EMJM ...