cover
Contact Name
Ebit Bimas Saputra
Contact Email
ebitbimas99@gmail.com
Phone
+6281365118590
Journal Mail Official
ebitbimas99@gmail.com
Editorial Address
Jalan Veteran Dalam No.26B, Padang Pasir, Padang Barat, Padang Pasir, Padang Barat Kota Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Ekasakti Matua Jurnal Manajemen
Published by Universitas Ekasakti
ISSN : 29856604     EISSN : 29856590     DOI : https://doi.org/10.31933/emjm
Core Subject : Economy,
Ekasakti Matua Jurnal Manajemen (EMJM), merupakan jurnal peer-review yang dikelola dan diterbitkan empat kali dalam setahun (Januari, April, Juli, dan Oktober) oleh Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, LPPM Universitas Ekasakti dan Dharma Indonesia Tercinta (DINASTI) Publisher Group. EMJM dimaksudkan sebagai jurnal untuk menerbitkan artikel yang melaporkan hasil penelitian tentang manajemen dan bisnis. EMJM mengundang manuskrip dalam berbagai topik termasuk, namun tidak terbatas pada, bidang fungsional manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen strategis, manajemen operasi, manajemen sumber daya manusia, e-bisnis, manajemen pengetahuan, akuntansi manajemen, sistem kontrol manajemen, sistem informasi manajemen, bisnis internasional, ekonomi bisnis, etika bisnis dan berkelanjutan, dan kewirausahaan.
Articles 40 Documents
Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Di PHD (Pizza Hut Delivery) Sutomo Marapalam Padang Siska Ananda Putri; Agus Sutardjo; Sunreni Sunreni
EKASAKTI MATUA JURNAL MANAJEMEN Vol. 1 No. 1 (2023): (EMJM) Ekasakti Matua Jurnal Manajemen (Januari 2023)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, & LPPM Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31933/emjm.v1i1.769

Abstract

Abstract: The results of this study aim to determine which indicators are dominant in terms of product quality, customer satisfaction and customer loyalty at Pizza Hut Delivery Marapalam Padang, to determine the effect of product quality on customer satisfaction at Pizza Hut Delivery Marapalam Padang and to determine the effect of product quality satisfaction on loyalty. customers at Pizza Hut Delivery Marapalam Padang. This research uses the classic assumption test which consists of normality test, heroskadicity test and simple regression test, t test. Results from Research The dominant indicator on the product quality variable is reliability with a TCR value of 84.10%, the dominant indicator on the customer satisfaction variable is Willingness to recommend with a TCR value of 84.10% and the dominant indicator on the variable customer loyalty is an indicator of retention with a TCR value of 83.20%. The product quality variable has t arithmetic (7.061) > t table (1.983) and the calculated sig value obtained is 0.000 <0.05. This means that H1 is accepted and Ho is rejected. So it can be concluded that product quality has a significant effect on customer satisfaction at Pizza Hut Delivery Marapalam Padang. The product quality variable has t count (6,202) > t table (1,983) and the calculated sig value obtained is 0.000 <0.05. This means that H2 is accepted and Ho is rejected. So it can be concluded that product quality has a significant effect on customer loyalty at Pizza Hut Delivery Marapalam Padang. Abstrak: Hasil penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui indikator manakah yang dominan dari kualitas produk, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan di Pizza Hut Delivery Marapalam Padang, Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan di Pizza Hut Delivery Marapalam Padang dan Untuk mengetahui pengaruh kepuasan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan di Pizza Hut Delivery Marapalam Padang. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji heroskadisitas dan uji Regresi sederhana, Uji t. Hasil dari Penelitian Indikator yang dominan pada variabel kualitas produk adalah keandalan (realibility) dengan nilai TCR84,10%, indikator yang dominan pada variabel kepuasan pelanggan adalah Kesediaan untuk merekomendasikan (willingness recomend) dengan nilai TCR 84,10% dan indikator yang dominan pada variabel loyalitas pelanggan adalah indikator retention (ketahanan) dengan nilai TCR 83,20%. Variabel kualitas produk memiliki t hitung (7,061) > t tabel (1,983) dan nilai sig perhitungan yang diperoleh adalah sebesar 0,000<0,05. Hal ini berarti bahwa H1 diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Pizza Hut Delivery Marapalam Padang. Variabel kualitas produk memiliki t hitung (6,202) > t tabel (1,983) dan nilai sig perhitungan yang diperoleh adalah sebesar 0,000<0,05. Hal ini berarti bahwa H2 diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Pizza Hut Delivery Marapalam Padang.
Pengaruh Proses Rekrutmen Dan Seleksi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Angkasa Pura 1 (Persero) Bandara Minang Kabau Dimas Givan Sujadi; Novi Yanti
EKASAKTI MATUA JURNAL MANAJEMEN Vol. 1 No. 1 (2023): (EMJM) Ekasakti Matua Jurnal Manajemen (Januari 2023)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, & LPPM Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31933/emjm.v1i1.770

Abstract

Abstract: This study aims to determine (1) whether the recruitment process affects the performance of employees. (2) whether the selection affects the performance of employees. 3) whether the recruitment and selection process affect employees performance at PT. Angkasa Pura I (Persero) Minangkabau International Airport. The sample used is 86 permanent employees of PT Angkasa Pura I (Persero). This research data uses primary data obtained from the results of distributing questionnaires. Data analysis used multiple linear regression analysis, hypothesis t test and F test. The results of the hypothesis test analysis showed that 1) The recruitment process has a positive and significant effect on the performance of employees at PT. Angkasa Pura I (Persero) Minangkabau International Airport. 2) Selection has a positive and significant effect on employee performance at PT. Angkasa Pura I (Persero) Minangkabau International Airport. 3) The process of recruitment and selection have a significant effect together on the performance of employees at PT. Angkasa Pura I (Persero) Minangkabau International Airport. Contribution of the influence of the recruitment and selection process to the performance of employees of PT. Angkasa Pura 1 (Persero) amounted to 44.6% while 55.4% was influenced by other variables such as reward and punishment, training, leadership and others. Abstrak: Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu mengetahui (1) apakah proses rekrutmen memengaruhi kinerja karyawan. (2) apakah seleksi memengaruhi kinerja karyawan. 3) apakah proses rekrutmen dan seleksi memengaruhi kinerja karyawan pada PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Minangkabau. Sampel yang dipergunakan yaitu 86 karyawan tetap pada PT Angkasa Pura I (Persero). Data penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji hipotesis t dan uji F. Hasil analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa 1) Proses rekrutmen positif dan signifikan memengaruhi kinerja karyawan di PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Minangkabau. 2) Seleksi positif dan signifikan memengaruhi kinerja karyawan di PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Minangkabau. 3) Proses rekrutmen dan seleksi secara bersama-sama memengaruhi kinerja karyawan pada PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Minangkabau. Kontribusi pengaruh proses rekrutmen dan seleksi terhadap kinerja karyawan PT. Angkasa Pura 1 (Persero) adalah 44,6% sisanya 55,4% adalah kontribusi faktor lainnya seperti reward dan punishment, pelatihan, kepemimpinan dan lain lain.
Pengaruh Citra Merek, Harga, Promosi, Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Oppo Di Konter K-Onesmartphone Air Haji Kabupaten Pesisir Selatan Hara Dea Lewiska; Salfadri Salfadri; Yulistia Yulistia
EKASAKTI MATUA JURNAL MANAJEMEN Vol. 1 No. 1 (2023): (EMJM) Ekasakti Matua Jurnal Manajemen (Januari 2023)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, & LPPM Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31933/emjm.v1i1.771

Abstract

Abstract: This study aims to determine the effect of Brand Image, Price, and Promotion on Mobile Purchase Decisions at the K-One Smartphone Counter in Air Haji Pesisir Selatan. The method used in this study is by using field research and literature. The population in this study was 984 people and the sample used a random sampling technique. The results of this study indicate that: the dominant indicator of the brand image variable is the strength of the brand association with the respondent's achievement level of 79.9%. The dominant indicator of the price variable is the affordability of the respondent's level of ability as much as 80.7%. The dominant indicator on the promotion variable is sales promotion with the respondent's achievement level of 82.3%. The dominant indicator on the purchasing decision variable is the habit of buying products with the respondent's level of ability as much as 81.0%. Brand image partially influences purchasing decisions. It is evident from the results of the t-table value of 1,987. So t count is 2,613 which displays greater than the t value table of 1.9872. So that t count > t table and the calculated sig value obtained is 0.011 <0.05 so that Ho is rejected and Ha is accepted. Brand image (X1) Price (X2) and Promotion (X3) simultaneously have a positive and significant effect on purchasing decisions. It is evident from the results of the calculated f value of 31.933 which is greater than the f table which is equal to 2.71 and the sig value resulting from the calculation is 0.000 which is smaller than the α used of 0.05 or 5%. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Merek Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone di Konter K – One Smartphone di Air Haji Pesisir Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan riset lapangan dan pustaka.Populasi dalam penelitian ini sebanak 984 orang dan sampel menggunakan teknik random sampling. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : indikator dominan pada variabel citra merek adalah kekuatan asosiasi merek dengan tingkat capaian responden sebanyak 79.9%. Indikator dominan pada variabel harga adalah keterjangkauan harga dengan tingkat capaian responden sebanyak 80,7%. Indikator dominan pada variabel promosi adalah promosi penjualan dengan tingkat capaian responden sebanyak 82.3%. Indikator dominan pada variabel keputusan pembelian adalah kebiasaan dalam membeli produk dengan tingkat capaian responden sebanyak 81.0%.Citra merek secara parsial berpengaruh parsial terhadap keputusan pembelian.Terbukti dari hasil nilai t tabel sebesar 1.987.sehingga t hitung 2.613 yang nilainya lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1.9872. Sehingga t hitung > t tabel dan nilai sig perhitungan yang diperoleh adalah sebesar 0.011 < 0.05 jadi Ho ditolak dan Ha diterima. Citra merek(X1) Harga(X2) dan Promosi(X3) secara simultan / bersama – sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Terbukti dari hasil nilai f hitung 31,933 yang lebih besar dari f tabel yaitu sebesar 2.71 dan nilai sig yang dihasilkan dari perhitungan adalah 0.000 yang lebih kecil dari α yang digunakan sebesar 0.05 atau 5%.
Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Iklim Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat (Studi Kasus Kantor Bank Bpd Kantor Cabang KC. Siteba) Jennifer Widya Agustin; Meri Dwi Anggraini; Teti Chandrayanti
EKASAKTI MATUA JURNAL MANAJEMEN Vol. 1 No. 1 (2023): (EMJM) Ekasakti Matua Jurnal Manajemen (Januari 2023)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, & LPPM Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31933/emjm.v1i1.772

Abstract

Abstract: This study aims to examine and analyze the effect of work environment and organizational climate on job satisfaction with organizational commitment as a variable that intervenes partially or simultaneously. The population is 48 people and the sample is 48 people. Results of research 1). The work environment has no significant effect on organizational commitment at Bank BPD Offices KC Branch Offices. Siteba, 2). Organizational climate has a significant effect on organizational commitment at Bank BPD Offices KC Branch Offices. Siteba, 3). The work environment has a significant effect on job satisfaction at the Bank BPD Office KC Branch Office. Siteba, 4). Organizational climate has no significant effect on job satisfaction at Bank BPD Offices KC Branch Offices. Siteba, 5). Work environment has a significant effect on job satisfaction with organizational commitment as an intervention variable at the Bank BPD Office KC Branch Office. Siteba, 6). Organizational climate has a significant effect on job satisfaction with organizational commitment as an intervention variable at Bank BPD Offices KC Branch Offices. Siteba) and 7). Organizational commitment has no significant effect on job satisfaction at Bank BPD Offices KC Branch Offices. Site ba. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh lingkungan kerja dan iklim organisasi terhadap kepuasan kerja dengan komitmen organisasi sebagai variabel intervening secara parsial maupun simultan Populasi 48 orang dan sampel 48 orang. Hasil dari penelitian 1). Lingkungan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi pada Kantor Bank BPD Kantor Cabang KC. Siteba, 2). Iklim organisasi berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi pada Kantor Bank BPD Kantor Cabang KC. Siteba, 3). Lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja pada Kantor Bank BPD Kantor Cabang KC. Siteba, 4). Iklim organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja pada Kantor Bank BPD Kantor Cabang KC. Siteba, 5). Lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja dengan komitmen organisasi sebagai variabel intervening pada Kantor Bank BPD Kantor Cabang KC. Siteba, 6). Iklim organisasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja dengan komitmen organisasi sebagai variabel intervening pada Kantor Bank BPD Kantor Cabang KC. Siteba) dan 7). Komitmen organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja pada Kantor Bank BPD Kantor Cabang KC. Siteba.
Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Iklim Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat (Studi Kasus Kantor Bank Bpd Kantor Cabang KC. Siteba) Nada Musliana; Riska Hadya
EKASAKTI MATUA JURNAL MANAJEMEN Vol. 1 No. 1 (2023): (EMJM) Ekasakti Matua Jurnal Manajemen (Januari 2023)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, & LPPM Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31933/emjm.v1i1.773

Abstract

Abstract: This study aims to examine and analyze 1) the influence of HR information systems on the human resource input function on employee performance at PT. Bima Arjuna Prakasa. 2) the effect of the HR information system output function on employee performance at PT. Bima Arjuna Prakasa. 3) the influence of the input function of the HR information system and the output function of the HR information system on employee performance at PT. Bima Arjuna Prakasa. The population is 30 people and the sample is 30 people. The method of data analysis is Multiple Linear Regression Analysis and the coefficient of determinant, while the method of testing the hypothesis is the t test and F test. The results show 1. Partially the input function variable of the HR Information System has a positive and significant effect on the performance of employees of PT Bima Arjuna Prakasa Padang City, 2. Partially the output function variable of the HR Information System has a positive and significant effect on employee performance at PT Bima Arjuna Prakasa Padang City, 3. The input function variables of the HR Information System and the output function of the HR Information System simultaneously or simultaneously have a significant and significant effect on performance employee. at PT. not examined in this study. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis 1) pengaruh sistem informasi SDM pada fungsi input sumber daya manusia terhadap kinerja karyawan pada PT. Bima Arjuna Prakasa. 2) pengaruh fungsi output sistem informasi SDM terhadap kinerja karyawan pada PT. Bima Arjuna Prakasa. 3) pengaruh fungsi input sistem informasi SDM dan SDM fungsi keluaran sistem informasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Bima Arjuna Prakasa. Populasinya 30 orang dan sampelnya 30 orang. Metode analisis data adalah Analisis Regresi Linier Berganda dan koefisien determinan, sedangkan metode pengujian hipotesis adalah uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan 1. Secara parsial variabel fungsi input Sistem Informasi SDM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT Bima Arjuna Prakasa Kota Padang, 2. Secara parsial variabel fungsi output Sistem Informasi SDM berpengaruh positif dan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Bima Arjuna Prakasa Kota Padang, 3. Variabel fungsi input Sistem Informasi SDM dan fungsi output Sistem Informasi SDM secara simultan atau simultan berpengaruh signifikan dan signifikan terhadap kinerja karyawan. di PT Bima Arjuna Prakasa di kota Padang, 4. Kontribusi pengaruh fungsi input Sistem Informasi SDM dan fungsi output Sistem Informasi SDM terhadap kinerja karyawan PT Bima Arjuna Prakasa di Kota Padang sebesar 68,7% sedangkan sisanya 31,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Stress Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah Cabang Padang Livia Ramadani; Rizka Hadya
EKASAKTI MATUA JURNAL MANAJEMEN Vol. 1 No. 1 (2023): (EMJM) Ekasakti Matua Jurnal Manajemen (Januari 2023)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, & LPPM Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31933/emjm.v1i1.798

Abstract

Abstract: This study aims to test and analyze 1) emotional intelligence's influence on employees' performance at PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Sharia Padang Branch 2) the effect of work stress on employee performance at PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Sharia Padang Branch 3) the effect of emotional intelligence and work stress on employee performance at PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Sharia Padang Branch. The population is 37 people and the sample is 37 people. The data analysis method is Multiple Linear Regression Analysis and the determinant coefficient while the hypothesis testing method is the t-test and F-test. The results of the study show that the Emotional Intelligence Variable has a significant effect on employee performance at PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah Padang Branch, Work Stress Variable significantly affects employee performance at PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah Padang Branch, Emotional intelligence and work stress variables simultaneously have a significant effect on employee performance at PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Sharia Padang Branch. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk Menguji dan menganalisis 1) pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja kinerja karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah Cabang Padang 2) pengaruh stress kerja terhadap kinerja kinerja karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah Cabang Padang 3) pengaruh kecerdasan emosional dan stress kerja terhadap kinerja kinerja karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah Cabang Padang. Populasi 37 orang dansampel 37 orang. Metode analisis data adalah Analisis Regresi Linear Berganda dan koefisien determinan sedangkan metode pengujian hipotesis adalah Uji t dan Uji F. Hasil dari Penelitian menunjukan Variabel Kecerdasan Emosional berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah Cabang Padang, Variabel Stress Kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT.Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah Cabang Padang, Variabel kecerdasan emosional dan stress kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah Cabang Padang.
Pengaruh Perputaran Modal Kerja dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Subsektor Farmasi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Sebelum dan Sesudah Covid-19 Syafda Widiani Putri; Yulistia Yulistia; Salfadri Salfadri
EKASAKTI MATUA JURNAL MANAJEMEN Vol. 1 No. 1 (2023): (EMJM) Ekasakti Matua Jurnal Manajemen (Januari 2023)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, & LPPM Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31933/emjm.v1i1.799

Abstract

Abstract: This study aims to determine the effect of working capital turnover and inventory turnover on company profitability both partially and simultaneously and to determine differences in working capital turnover and inventory turnover before and after Covid-19. This study uses a quantitative descriptive research method using reviews 9 and SPSS 16 tools. Data analysis methods are panel data regression and different tests. The results of this study indicate that partial working capital turnover has a negative and significant effect on profitability, inventory turnover has a positive and insignificant effect on profitability, while simultaneously working capital turnover and inventory turnover have a positive and significant effect on the profitability of pharmaceutical sub-sector companies. There is no significant difference between working capital turnover and inventory turnover before and after Covid-19. The advice that can be given to the company is that the management team should pay more attention to the supporting factors for working capital such as the amount of inventory, the company's receivables that are too large, and the terms of the company's credit sales. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perputaran modal kerja dan perputaran persediaaan terhadap profitabilitas perusahaan baik secara parsial maupun simultan dan untuk mengetahui perbedaan perputaran modal kerja dan perputaran persediaan sebelum dan sesudah covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan alat bantu eviews 9 dan SPSS 16. Metode analisis data yaitu regresi data panel dan uji beda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial perputaran modal kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas, perputaran persediaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan secara simultan perputaran modal kerja dan perputaran persediaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas perusahaan subsektor farmasi. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara perputaran modal kerja dan perputaran persediaan sebelum dan sesudah covid-19. saran yang dapat diberikan kepada perusahaan yaitu sebaiknya tim manajemen lebih memperhatikan lagi faktor pendukung modal kerja seperti jumlah persediaan, piutang perusahaan yang terlalu besar dan syarat penjualan kredit perusahaan.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Klinik Puti Lubuk Alung Nela Vernanda; Hosra Afrizoni
EKASAKTI MATUA JURNAL MANAJEMEN Vol. 1 No. 1 (2023): (EMJM) Ekasakti Matua Jurnal Manajemen (Januari 2023)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, & LPPM Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31933/emjm.v1i1.800

Abstract

Abstract: This study has the following objectives: (1) To find out which indicators are the most dominant in terms of service quality and patient satisfaction; (2) To determine the effect of service quality on patient satisfaction; (3) To find out how much influence the quality of service has on patient satisfaction at the Puti Lubuk Alung Clinic. The research data is primary data obtained from the results of distributing questionnaires to 99 respondents. Data analysis techniques using simple linear regression analysis, coefficient of determination, and hypothesis testing t. The results of data analysis show that (1) the most dominant indicator of service quality is reliability with an average value of 4.11 and a TCR of 82.11%, while the dominant indicator of patient satisfaction is expectation satisfaction with an average of 4.17 with a TCR of 83.38%; (2) service quality has a positive effect on patient satisfaction at the Puti Lubuk Alung Clinic; (3) service quality has a significant effect on patient satisfaction by 44.5%. Abstrak: Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu: (1) Mengetahui indikator mana yang paling dominan dari kualitas pelayanan dan kepuasan pasien; (2) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien; (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Klinik Puti Lubuk Alung. Data penelitian merupakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran angket (kuisioner) kepada 99 orang responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana, koefisien determinasi, dan uji hipotesis t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) indikator kualitas pelayanan yang paling dominan adalah kehandalan (reability) dengan nilai rata-rata 4.11 dan TCR sebesar 82.11%, sedangkan indikator dominan kepuasan pasien adalah kesesuaian harapan dengan rata-rata 4.17 dengan TCR sebesar 83.38%; (2) kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien di Klinik Puti Lubuk Alung; (3) kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien sebesar 44.5%.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Siswa/I) dalam Mengikuti Kursus di Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation Rimbo Data, Bandar Buat, Padang Nofrima Gafi; Bakkareng Bakkareng; Tifani Ratu Firdaus
EKASAKTI MATUA JURNAL MANAJEMEN Vol. 1 No. 1 (2023): (EMJM) Ekasakti Matua Jurnal Manajemen (Januari 2023)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, & LPPM Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31933/emjm.v1i1.801

Abstract

Abstract: This study aims to analyze and determine the effect of service quality on customer satisfaction (students) in participating in courses at the Ganesha Operation Rimbo Data tutoring institute, Bandar Create, Padang. The data collection technique used was a questionnaire. Methods of data analysis in this study using descriptive analysis, simple linear regression analysis, the coefficient of determination, and testing the hypothesis t-test. The results of this study indicate that the service quality variable has a significant effect on customer satisfaction where the calculated t value of the service quality variable is 3.338 which is greater than the t table value of 2.02269. So t count > t table and the calculated sig value obtained is 0.002 <0.05 so Ho is rejected Ha is accepted. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Siswa/i) Dalam Mengikuti Kursus Di Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation Rimbo Data, Bandar Buat, Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linear sederhana, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dimana didapati nilai t hitung dari variabel kualitas pelayanan adalah sebesar 3.338 yang nilainya lebih besar dari nilai t tabel sebesar 2.02269. Sehingga t hitung > t tabel dan nilai sig perhitungan yang diperoleh adalah sebesar 0,002 < 0,05 jadi Ho ditolak Ha diterima.
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Indocafe Cappucino di Kota Padang (Studi Kasus di Budiman Swalayan Cabang Sawahan Padang) Tria Susana; Tifani Ratu Firdaus; Teti Chandrayanti
EKASAKTI MATUA JURNAL MANAJEMEN Vol. 1 No. 1 (2023): (EMJM) Ekasakti Matua Jurnal Manajemen (Januari 2023)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, & LPPM Universitas Ekasakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31933/emjm.v1i1.802

Abstract

Abstract: This study aims to determine the effect of the product, price, distribution channel, and promotion on purchasing decisions of Indocafe Cappuccino in Padang City partially or simultaneously. The data collection method is distributing questionnaires. The data analysis technique used is multiple linear regression, t-test, and F-test. Based on the test results, it is concluded that product, price, distribution channel, and promotion partially have a significant effect on the Purchase Decision of Indocafe Cappuccino in Padang City. Products, prices, distribution channels, and promotions simultaneously also have a significant effect on purchasing decisions for Indocafe Cappuccino in Padang City. The magnitude of the contribution of the influence of products, prices, distribution channels, and promotions on purchasing decisions of Indocafe Cappuccino in Padang City is 61.9% while the remaining 38.1% is influenced by other variables not examined. Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh produk, harga, saluran distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian Indocafe Cappucino di Kota Padang secara parsial maupun secara simultan. Metode pengumpulan data adalah penyebaran kuiesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji t dan uji F. Berdasarkan hasil uji, disimpulkan bahwa produk, harga, saluran distribusi dan promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Indocafe Cappucino Di Kota Padang. Produk, harga, saluran distribusi dan promosi secara simultan juga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Indocafe Cappucino Di Kota Padang. Besarnya kontribusi pengaruh produk, harga, saluran distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian Indocafe Cappucino di Kota Padang adalah 61,9% sedangkan sisanya 38,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Page 1 of 4 | Total Record : 40