Ekasakti Matua Jurnal Manajemen
Vol. 1 No. 3 (2023): (EMJM) Ekasakti Matua Jurnal Manajemen (Juli 2023)

Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Desa Terhadap Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa (Studi Pada Desa Matotonan Kecamatan Siberut Selatan Mentawai)

Alwi Husain Siritoitet (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia)
Nova Begawati (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator apa saja yang dominan pada gaya kepemimpinan dan partisipasi masyarakat, serta apakah gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 67 responden masyarakat desa Matotonan. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis determinasi, sedangkan metode pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil analisis deskriptif dengan menggunakan TCR indikator dominan gaya kepemimpinan kepala desa yaitu tipe direktif, sedangkan partisipasi masyarakat adalah partisipasi dalam menerima hasil. Hasil analisis gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi masyarakat desa Matotonan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

EMJM

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Ekasakti Matua Jurnal Manajemen (EMJM), merupakan jurnal peer-review yang dikelola dan diterbitkan empat kali dalam setahun (Januari, April, Juli, dan Oktober) oleh Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, LPPM Universitas Ekasakti dan Dharma Indonesia Tercinta (DINASTI) Publisher Group. EMJM ...