BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 4 No. 3 (2023)

Pelatihan Pembuatan MP-ASI dan PMT Lokal Bagi Kader Posyandu di Desa Oeltuah Kabupaten Kupang

Meirina S Loaloka (Program Studi Gizi, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Kupang, Nusa Tenggara Timur, Indonesia)
Asweros Umbu Zogara (Program Studi Gizi, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Kupang, Nusa Tenggara Timur, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2023

Abstract

Stunting masih menjadi salah satu masalah gizi yang di miliki indonesia sampai saat ini. berdasarkan hasil SSGI Tahun 2021 Propinsi NTT menempati urutan pertama dengan proporsi stunting terbesar yaitu sebesar 37,8 % ( Kemenkes RI 2021). Stunting berdampak buruk terutama pada balita dengan umur dibawah dua tahun akan berisiko besar memiliki kemampuan kognitif yang rendah dan akan dengan mudah terkena penyakit degeneratif pada saat usia dewasa (Rahmawati SM,M.S,2019). salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah gizi pada balita yaitu dengan melatih kader posyandu dalam pengolahan pangan lokal. harapan dari upaya ini adalah kader dapat memahami pentingnya pengolahan MP – ASI dan PMT Lokal bagi balita. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan april – mei 2023 di posyandu oeltuah kabupaten kupang . sasaran kegiatan ini adalah kader posyandu berjumlah 25 orang. Pelatihan ini dilaksanakan dalam beberapa metode yaitu ceramah, penyuluhan dan praktek demo pengolahan pangan lokal yaitu kroket kelor, bubur ceria dan pizza sehat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bernas

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Dentistry Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Veterinary Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of ...