JRIIN :Jurnal Riset Informatika dan Inovasi
Vol 1 No 2 (2023): JRIIN : Jurnal Riset Informatika

Perancangan Aplikasi Kasir Toko Kelontong Berbasis Dekstop Menggunakan Metode Waterfall

Adi Irwan Aris Munandar (Universitas Pamulang)
Alvin Malik Ibrahim (Universitas Pamulang)
Habib Maulana (Universitas Pamulang)
Rico Aulia Fahreza (Universitas Pamulang)
Aries Saifudin (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2023

Abstract

Artikel ini membahas perancangan aplikasi kasir toko kelontong berbasis desktop dengan menggunakan metode waterfall. Perancangan aplikasi kasir untuk toko kelontong yang menggunakan metode waterfall dalam proses pengembangannya. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengembangkan sebuah sistem kasir yang dapat membantu pemilik toko kelontong dalam mengelola penjualan dan persediaan barang. Metode waterfall digunakan sebagai kerangka kerja dalam pengembangan aplikasi ini, dimana tahapan yang dilakukan mencakup analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Pada tahap analisis kebutuhan, dilakukan identifikasi kebutuhan pengguna dan pemilik toko kelontong, serta pemetaan proses bisnis yang dilakukan. Selanjutnya, pada tahap desain sistem, dibuat rancangan aplikasi yang terdiri dari diagram alir data, diagram alir proses, dan desain antarmuka pengguna. Tahap implementasi dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dan MySQL sebagai basis data. Setelah itu, aplikasi diuji dengan menggunakan metode pengujian fungsional dan pengujian kesalahan. Hasil yang diperoleh dari artikel ini adalah sebuah aplikasi kasir toko kelontong berbasis desktop yang dapat membantu pemilik toko dalam mengelola penjualan dan persediaan barang. Dalam pengembangan aplikasi ini, metode waterfall dapat memberikan panduan yang sistematis dan terstruktur, sehingga memungkinkan pengembangan aplikasi yang lebih efektif dan efisien.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jriin

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

1. Komputasi Lunak, 2. Sistem Cerdas Terdistribusi, Manajemen Basis Data, dan Pengambilan Informasi, 3. Komputasi evolusioner dan komputasi DNA/seluler/molekuler, 4. Deteksi kesalahan, 5. Sistem Energi Hijau dan Terbarukan, 6. Antarmuka Manusia, 7. Interaksi Manusia-Komputer, 8. Hibrida dan ...