Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan capaian pemahaman bacaan berdasarkan strategi mengajar bagi siswa GRADE X SMK ESA Prakarsa. Penelitian ini menggunakan Model Pengembangan. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan capaian pemahaman bacaan dengan menggunakan Directed Reading-Thinking Activity (DR-TA) sebagai strategi dalam mengajarkan pemahaman membaca. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan pendekatan penelitian yang menyoroti upaya untuk menghasilkan strategi pengajaran pemahaman membaca. Oleh karena itu, dalam merancang model, peneliti menggunakan pendekatan Research and Development dengan mengadaptasi Borg and Gall Model. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Esa Prakarsa Langkat pada kelas XI tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Peneliti menggunakan dua teknik pengumpulan data, yaitu data deskriptif kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif dan hasil kuantitatif diperoleh dari ahli validasi kuesioner, review ahli materi dan ahli strategi pengajaran. Data tersebut berasal dari uji coba lapangan yang diperoleh dari komentar atau tanggapan, hasil kuesioner dan hasil tes. Instrumen pengumpulan data dikumpulkan dengan melakukan wawancara dan menyebarkan kuesioner kepada 35 responden untuk mendapatkan kebutuhan siswa. Nilai tengah dari kuesioner yang berhubungan dengan kesesuaian materi adalah 3,22. Nilai tengahnya termasuk dalam kategori "Baik" karena berada dalam interval 2,50 < x < 3,24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi bacaan sesuai untuk siswa Kelas X SMK. Peneliti menggunakan tes untuk mengetahui strategi pemahaman bacaan siswa berdasarkan strategi resiprokal questioning (request) sebagai strategi dan tes dilakukan dua kali; pre-test dan post-test. Kemudian, uji-t digunakan untuk menganalisis data. Hasil data di atas adalah nilai uji-t lebih tinggi tabel t (1 2,75 > 1. 688) pada tingkat signifikansi 0,05 untuk derajat kebebasan (df) = 35-2 = 33. Artinya, Directed Reading-Thinking Activity (DR-TA) berpengaruh signifikan terhadap capaian pemahaman bacaan siswa.
Copyrights © 2023