Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kualitas media pembelajaran, proses pembelajaran, dan penilaian pembelajaran di sekl. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan kesimpulan sebagai berikut. Untuk mendapatkan kualitas pembelajaran yang baik, maka diperlukan persiapan media pembelajaran yang baik pula. Komponen minimal dalam mengembangkan media pembelajaran (silabus dan RPP) harus memuat tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian pembelajaran. Proses pembelajaran harus menggunakan berbagai cara untuk mendorong minat dan keingintahuan siswa, antara lain dengan menggunakan metode yang bervariasi, menggunakan gaya bahasa yang tidak monoton, memberikan pertanyaan yang menuntun kreativitas siswa, menggunakan multi metode dan multimedia, serta memberikan tugas secara individu maupun kelompok kepada siswa.Penilaian menjadi hal yang sangat penting untuk mengetahui tingkat keberhasilan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
Copyrights © 2023