Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 3 (2023): Volume 6 No. 3 2023

PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING DI SMP NEGERI 1 HILISERANGKAI

Jelvin Ardianti Lase (Universitas Nias)
Ratna Natalia Mendrofa (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti pada saat pelaksanaan Magang 1, 2 dan 3 di SMP Negeri 1 Hiliserangkai, ditemukan masalah yaitu (1) pengunaan model pembelajaran yang kurang efektif dan (2) kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan Problem Based Learning di SMP Negeri 1 Hiliserangkai. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Hiliserangkai dengan populasi 5 kelas dan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu siswa kelas VIII-A dan kelas VIII-B yang berjumlah 50 orang. Metode penelitian eksperimen semu (quasi-ekspermental design), dan instrumen penelitian berbentuk uraian tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian ini diperoleh adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning mencapai 72,56 tergolong Tinggi dikelas VIII-A di SMP Negeri 1 Hiliserangkai. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning adalah 64,52 tergolong Sedang dikelas VIII-B di SMP Negeri 1 Hiliserangkai. Hasil penelitian berdasarkan pengujian hipotesis, yaitu thitung = 2,632 dan ttabel = 2,060. Karena t hitung = 2,632 > ttabel = 2,060 maka tolak H0 dan terima Ha, yang berarti: “adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan Problem Based Learning di SMP Negeri 1 Hiliserangkai”. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...