Penelitian ini dilatarbekangi adanya masalah motivasi belajar siswa yang kurang dalam proses pembelajaran matematika. Rendahnya motivasi belajar siswa ini akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa di SMK Negeri 2 Lotu dan (2) untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa pada materi matriks di SMK Negeri 2 Lotu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI OTKP di SMK Negeri 2 Lotu. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar, tes hasil belajar, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa enam indikator motivasi belajar tergolong dalam kategori motivasi tinggi dengan rata-rata persentase sebesar 71,65%. Berdasarkan data hasil angket dari 16 subjek penelitian, motivasi belajar tergolong menjadi tiga tingkatan yaitu 1) motivasi belajar sedang dengan persentase 25% sebanyak 4 siswa, 2) motivasi belajar tinggi dengan persentase 68,75% sebanyak 11 siswa dan 3) motivasi belajar sangat tinggi dengan persentase 6,25% sebanyak 1 siswa. Sedangkan hasil belajar yang diperoleh dari hasil analisis data pencapaian tiap siswa dengan rata-rata hasil belajar 65,44 termasuk dalam kategori sedang.
Copyrights © 2023