ARRUS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 2 No. 1 (2023)

PKM Pembinaan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik

Erman Syarif (Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia)
Maddatuang Maddatuang (Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia)
Sulaiman Zhiddiq (Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia)
Syamsunardi Syamsunardi (Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia)
Nasiah Badwi (Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 May 2023

Abstract

Sekolah merupakan salah satu tempat yang sangat berperan dalam menerapkan pendidikan karakter. Anak-anak yang sekolah sebagian besar menghabiskan waktunya di sekolah, sehingga apa yang didapatkan disekolah akan mempengaruhi karakternya. Banyak kegiatan yang bisa dikembangkan dalam rangka penerapan pendidikan karakter. Kegiatan PKM ini akan memadukan metode ceramah, diskusi dan pelatihan yang dilaksanakan di di SMA Negeri 9 Polut Kabupaten Takalar. Hasil peneleitian menunjukkan bahwa faktor yang menjadi kendala pembudayaan sikap peduli lingkungan meliputi faktor lingkungan dan faktor hubungan anak dengan masyarakat. Untuk membiasakan anak selalu peduli terhadap lingkungan perlu pendidikan karakter ini dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Dengan pendidikan karakter peduli lingkungan ini anak mempunyai bekal pengetahuan tentang pentingnya menjaga lingkungan agar anak menjadi manusia yang sehat jasmani dan rohani.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

abdiku

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences Other

Description

Articles published by the focus and scope of community service activities are: 1. education, 2. social, 3. numan resource development, 4. healthty sciences, 5. appropriate technology, 6. juman development and national competitiveness, 7. small and medium enterprises and environmentally sound ...