Klinik Utama Perisai Husada adalah suatu klinik dengan konsep dimana pelayanan kesehatan penyakit dalam, saraf dan penunjang lainnya diberikan kepada pasien secara terpadu dalam satu atap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui alternatif strategi pemasaran yang dapat dipakai oleh perusahaan. Pengumpulan data dilakukan melalui tahapan IFAS dan EFAS, analisa data menggunakan IE Matrix dan Matriks SWOT, dan pengambilan keputusan dengan pendekatan QSPM. Hasil penelitian yang ditujukan oleh IE (Internal-External) Matrix menunjukan bahwa Klinik Utama Perisai Husada berasa pada sel V yaitu pertumbuhan dan stabilitas. Berdasarkan hasil tersebut dibuatlah alternatif-alternatif (SO, ST, WO, dan WT) pada matriks SWOT. Keempat strategi tersebut dihitung skor daya tarik melalui metode QSPM yang mana strategi SO (Strength-Opportunity): intensifikasi pemasaran hubungan dengan pelanggan, diferensiasi produk, dan memanfaatkan lokasi yang strategis untuk menarik pangsa pasar potensial, mendapatkan total skor daya tarik terbesar dan dipilih sebagai alternatif strategi pemasaran Klinik Utama Perisai Husada
Copyrights © 2023