Bahan ajarĀ berbasis eduliteratur dengan kearifan lokal pesantren sangat penting untuk diberikan kepada santri. Mengintegrasikan topik otentik dari kearifan lokal dapat merangsang siswa untuk meningkatkan kemampuan membaca dan pemahaman budaya. Penelitian ini mengembangkan bahan teks bacaan berbasis eduliteratur pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas bahan ajar Pesantren edulirature untuk diterapkan di Madrasah Aliyah. Untuk mencapai hal ini, peneliti menggunakan desain eksperimental. Subyek penelitian ini adalah 160 siswa sekolah menengah Islam se-Jawa Timur di Indonesia. Instrumen yang digunakan adalah tes membaca kelas. Berdasarkan hasil analisis skor N-Gain menunjukkan bahwa keempat SMA Islam yang dijadikan subjek penelitian ini post test lebih tinggi dibandingkan pre test. Jadi, dapat disimpulkan bahwa bahan ajarĀ yang dirancang efektif dalam meningkatkan prestasi membaca siswa
Copyrights © 2023