Widyacarya : Jurnal Pendidikan, Agama, dan Budaya
Vol 7, No 2 (2023)

Analisis Kemampuan Siswa Memahami Materi Keberagaman Budaya Dalam Pembelajaran IPS Kelas IV SD N 3 Belida Darat

Seti Mardaleta Putri (Universitas PGRI Palembang)
Muhamad Idris (Unknown)
David Budi Irawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan mata pelajaran yang bersumber dari kehidupan sosial masyarakat yang diseleksi dengan menggunakan konsep-konsep ilmu sosial yang digunakan untuk kepentingan pembelajaran. IPS adalah bahan kajian terpadu yang merupakan penyederhanaan, adaptasi, seleksi dan modifikasi yang diorganisasikan dari konsep-konsep dan keterampilan-keterampilan sejarah, geografi, sosiologi, antropologi dan ekonomi. Penelitiam ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis kemampuan siswa memahami materi keberagaman budaya dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN 3 Belida Darat. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan presentase. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh bagaimana hasil analisis kemampuan memahami siswa pada materi keberagaman budaya dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN 3 Belida Darat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa memahami pada materi keberagaman budaya kelas IV SDN 3 Belida Darat sudah dalam kategori baik dapat dilihat dari nilai-nilai yang diperoleh oleh siswa dari nilai yang tertinggi 100 sampai yang terendah 60.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

widyacarya

Publisher

Subject

Education

Description

WIDYACARYA: Jurnal Pendidikan, Agama, dan Budaya [ISSN: 2580-7544] dikelola oleh STAHN Mpu Kuturan Singaraja yang dapat dijadikan referensi akademis maupun bahan memecahkan berbagai persoalan agama dan budaya yang dewasa ini semakin ...