Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol. 3 No. 02 (2023): Artikel Riset Agustus 2023

Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD IT Cendekia Pematangsiantar Tahun Ajaran 2022/2023

Ayu Sintya (Universitas Efarina)
Icha Willna Fhadillah (Universitas Efarina)
Shella Dwi Febriyanti (Universitas Efarina)
Dewi Sarlina Bagariang (Universitas Efarina)
Hamela Sari Sitompul (Universitas Efarina)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kompetensi pedagogik guru, gambaran hasil belajar IPS Kelas V dan hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar IPS Kelas V SD IT Cendekia Pematangsiantar. Sementara manfaat penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pendidikan, sehingga memberikan kontribusi dalam upaya meningkatkan kualitas sekolah sehingga sekolah mampu mengoptimalkan proses pembelajaran dengan menekankan pada kompetensi pedagogik guru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto karena fakta yang dikumpulkan sudah ada sebelumnya, dan bersifat korelasional karena yang akan diselidiki adalah pengaruh antara variable. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD IT Cendekia Pematangsiantar. Sehingga, sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 23 siswa kelas V SD IT Cendekia Pematangsiantar yang merupakan penelitian populasi. Variabel babas dalam penelitian ini adalah Kompetensi Pedagogik (Variabel X) sedangkan variabel terikatnya adalah Hasil Belajar Siswa (Variabel Y). Hasil penelitian bahwa ada pengaruh antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa SD IT Cendekia Pematangsiantar. Setelah menganalisis data penulis menemukan bahwa angka lebih besar dari pada pada signifikan 5% (0,425 > 0,413). Dengan demikian maka hipotesis alternatif (Ha) diterima sedangkan hipotesis nol (Ho) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educendikia

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan multi-disiplin ilmu, baik pembelajaran dalam jaringan juga luar jaringan, merdeka belajar, pengembangan metode belajar pembelajaran terkini yang merujuk pada semua tingkat usia dan yang berkaitan dengan ...