Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh English Camp (Kegiatan Perkemahan dengan menggunakan bahasa Inggris) terhadap keterampilan berbicara siswa EFL. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 7 mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di UIN Ar- Raniry angkatan 2016. Data penelitian dikumpulkan dengan wawancara. Dalam pengumpulan data, narasumber dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Tujuh peserta terpilih telah bergabung di English Camp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa English Camp mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Peningkatan tersebut meliputi; menguasai banyak kosa kata, meningkatkan pelafalan dan kelancaran berbicara, meningkatkan kemampuan tata bahasa dan pemahaman, serta membangun rasa percaya diri. Komponen-komponen tersebut saling terkait untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa sehingga siswa dapat menghadapi berbagai tantangan yang mereka khawatirkan dalam berbicara. Kesimpulannya, English Camp memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dan meningkatkan kepercayaan diri siswa menjadi lebih baik.
Copyrights © 2023