Educator Development Journal
Vol 1 No 2 (2023): Educator Deploment Journal

Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pedagogical Content Knowledge (PCK) Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

Zahratul Husna (Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Ar-Raniry,Banda Aceh)
Husna (Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Ar-Raniry,Banda Aceh)
M. Duskri (Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Ar-Raniry,Banda Aceh)
Susanti (Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Ar-Raniry,Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses pengembangan dan hasil pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis Pedagogical Content Knowledge (PCK) pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Penelitian ini menggunakan model penelitian 4D dengan empat tahap pengembangan yaitu, pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil penelitian ini adalah modul pembelajaran matematika berbasis Pedagogical Content Knowledge (PCK). Total keseluruhan nilai rata-rata yang diperoleh dari tahap validasi modul pembelajaran, modul yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat baik serta modul pembelajaran berbasis Pedagogical Content Knowledge (PCK) dalam penelitian ini valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kepraktisan modul diperoleh dari hasil analisis respon guru dan uji coba siswa termasuk dalam kategori sangat baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edj

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Neuroscience

Description

Educator Deploment Journal: Is a scientific publication media and can be accessed by the public published by the Tarbiyah and Teacher Training Faculty of UIN Ar-Raniry Banda Aceh, published twice a year in every February and July. This journal publishes the results of research and scientific work in ...