Pandemi covid-19 merupakan peristiwa yang membuat seluruh aspek rutinitas di non-aktifkan selama wabah masih merajalela. Covid-19 berimbas pada bidang pendidikan, yang dimana sumber kebutuhan ilmu pengetahuan bagi setiap individu. Dari mulai lembaga pendidikan usia dini, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, hingga perguruan tinggi divakumkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara spesifik bagaimana proses yang dihadapi ketika pembelajaran daring di sekolah dasar, dan seperti apa pengaruh atau dampak pada evaluasi pembelajaran pada siswa. Penelitian dilaksanakan melalui observasi ke lapangan yaitu sekolah dasar dan melakukan wawancara yang bersifat terstruktur kepada guru-guru yang terlibat. Hasil penelitian menemukan fakta upaya-upaya guru dalam menghadapi pembelajaran daring dengan berbagai kendala serta metode evaluasi yang di inovasikan agar hasil pencapaian pembelajaran tetap bermutu. Penelitian ini membuahkan hasil yang cukup optimal yaitu mengetahui situasi evaluasi pembelajaran secara mendalam pada siswa SD dan menjadikan dampak positif maupun negatif pada pembelajaran daring merupakan suatu hikmah, pelajaran, dan pengalaman dari pandemi covid-19.
Copyrights © 2022