Bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang diajarkan sebagai mata pelajaran di sekolah dasar. Dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris diperlukan suatu metode pengajaran baru yang memudahkan pemahaman siswa sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperkenalkan dan mencari tahu apakah pendekatan berbasis tugas cocok untuk memungkinkan siswa sekolah dasar menggunakan bahasa Inggris secara sukarela di kelas dan memahami bahasa Inggris berdasarkan tugas yang diberikan. Metode pada artikel ini menggunakan studi pustaka. Hasilnya menunjukkan bahwa bahasa ibu (Jepang atau Indonesia) sering digunakan untuk komunikasi di dalam kelas, sedangkan bahasa Inggris digunakan untuk mengulang kata target atau menegosiasikan arti kata target. Pemahaman siswa meningkat karena siswa mengetahui metode kerja tugas yang harus dijalankan. Dengan demikian, pendekatan berbasis tugas dapat diterapkan untuk siswa sekolah dasar dengan menerapkan tugas berbasis input, karena membantu siswa untuk memahami setiap input kosakata asing dari guru yang belum dipelajarinya.
Copyrights © 2023