Proses pembelajaran pada anak dengan kesulitan belajar disgrafia membutuhkan strategi pembelajaran yang tepat guna mengembangkan keterampilan menulis dan motivasi belajarnya. Keterampilan menulis ini penting dikuasai anak sekolah untuk menyalin, mencatat dan mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tanpa menguasai keterampilan menulis maka anak akan terlambat atau tertinggal dalam perkembangan akademiknya, sehingga dapat menyebabkan anak memiliki motivasi belajar yang rendah. penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar bagi siswa disgrafia. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara kepada 6 narasumber penelitian. Data dianalisis menggunakan analisis tematik Braun & Clarke dan menghasilkan 3 tema penelitian yaitu faktor pendukung, hambatan-hambatan dan upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar bagi siswa disgrafia. Hasil temuan penelitian ini menyatakan bahwa faktor pendukung dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal, hambatan-hambatan dipengaruhi oleh kompetensi dan lingkungan, dan upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa disgrafia yaitu mencukupi kebutuhan belajar siswa serta mencukupi kebutuhan khusus siswa
Copyrights © 2023