JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol. 11 No. 3 (2023): JE. VOL. 11 No. 3

PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI APLIKASI TOKOPEDIA (STUDI MAHASISWA di FEB UNSRAT

Johanes Lonan (Universitas Samratulangi)
Imelda Ogi (Unknown)
Merlyn Karuntu (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2023

Abstract

Persepsi Harga, Kualitas Produk dan Keberagaman produk merupakan faktor yang penting bagi loyalitas konsumen, karena faktor tersebut dapat menimbulkan rasa nyaman maupun tidak nyaman bagi konsumen. Konsumen cenderung akan puas ketika harga yang diberikan sesuai dengan kualitas suatu produk dan juga dengan produk yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh persepsi harga, kualitas produk dan keberagaman produk terhadap loyalitas konsumen melalui aplikasi Tokopedia baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah Mahasiswa FEB Unsrat Manado dengan jumlah sampel yaitu 100 responden dengan menggunakan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji t, d, F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa persepsi harga tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, keberagaman produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Persepsi harga, kualitas produk dan keberagaman produk secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada mahasiswa FEB Unsrat Manado

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...