Seandanan: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Vol. 3 No. 1 (2023): Seandanan: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat

Pelatihan Kewirausahan melalui Strategi Marketing Mix di Desa Kedawung Sragen

Ilham Karin Rizkiawan (Universitas Aisyiyah Surakarta)
Fahman Hadi Fahman (Universitas 'Aisyiyah Surakarta)
Doni Hermansyah (Universitas Aisyiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Pada pengabdian ini saya akan mengedukasi tentang strategi marketing mix yang tidak hanya membahas harga tetapi juga  strategi ini merupakan perpaduan dari faktor-faktor penting yang ada di dalam pasar itu sendiri.  Maka dari itu perlu faktor faktor marketing mix dalam memasarkan sudah berkembang terbagi menjadi product (produk), price (harga), promotion (promosi), place (tempat), people (orang),process (proses),dan physical evidence (fasilitas fisik). Ketujuh faktor ini wajib diperhatikan dalam menyusun strategi pemasaran. Untuk itulah rangakaian program pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk mengedukasi  UMKM di Desa Kedawung,Sragen dalam melakukan penjualan dengan strategi marketing mix. Mitra dalam kegiatan ini adalah anggota UMKM Desa Kedawung, Sragen. Anggota pelatihan sejumlah 30 orang dan pengelola usaha juga relatif masih muda berumur 23-35 tahun. Usaha yang dijalankan rata-rata bergerak dibidang kuliner dan fashion. Umur usaha rata-rata antara 8 bulan - 2 tahun

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

seandanan

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Seandanan: Jurnal Pengabdian Masyarakat merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh FISIP Unila sebagai menjadi media publikasi ilmiah hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini dipublikasi pertama kali pada tahun 2021 dan direncanakan akan terbit secara berkala dua kali selama setahun ...