Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Vol. 2 No. 8 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis

Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen

I Kadek Oka Astrawan (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)
I Wayan Kiki Sanjaya (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)
Kadek Ayu Ekasani (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga (X1) dan kualitas pelayanan (X2) baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan konsumen (Y). Penelitian ini dilakukan di Livingstone Cafe & Bakery yang beralamat di Jl. Petitenget No. 88X, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung, Bali. Penelitian ini dilakukan dari bulan Maret hingga bulan Agustus tahun 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung ke Livingstone Cafe & Bakery. Metode penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling kuota dengan metode roscoe yang mendapatkan sampel berjumlah 30 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Teknik analisis datayang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda menggunakan program SPSS versi 25. Simpulan dari penelitian ini yaitu: (1) terdapat pengaruh yang signifikan (p<0,05) secara parsial variabel harga (X1) terhadap kepuasan konsumen (Y).; (2) terdapat pengaruh yang sangat signifikan (p<0,01) secara parsial variabel kualitas pelayanan (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y).; (3) terdapat pengaruh yang sangat signifikan (p<0,01) secara simultan variabel harga (X1) dan kualitas pelayanan (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y) di Livingstone Cafe & Bakery. This study aims to determine how the effect of price (X1) and service quality (X2) either partially or simultaneously on consumer satisfaction (Y). This research was conducted at Livingstone Cafe & Bakery which is located at Jl. Petitenget No. 88X, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung, Bali. This research was conducted from March to August 2021. The population in this study were consumers who visited Livingstone Cafe & Bakery. The method of determining the sample in this study used a quota sampling technique with the Roscoe method which obtained a sample of 30 people. This type of research is correlational research. The data analysis technique used in this study is multiple linear regression analysis using the SPSS version 25 program. The conclusions from this study are: (1) there is a significant effect (p <0.05) partially the price variable (X1) on consumer satisfaction ( Y).; (2) there is a very significant effect (p<0.01) partially service quality variable (X2) on customer satisfaction (Y); (3) there is a very significant effect (p<0.01) simultaneously variable price (X1) and service quality (X2) on consumer satisfaction (Y) at Livingstone Cafe & Bakery.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

paris

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Paris memuat publikasi ilmiah di bidang pendidikan, pariwisata, bisnis dan kewirausahaan. dengan cakupan bidang sebagai berikut tetapi tidak hanya terbatas pada: 1. Pendidikan pariwisata, 2. Pengembangan kepariwisataan, 3. Pariwisata Berkelanjutan, 4. Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya ...