Jurnal Impresi Indonesia
Vol. 2 No. 7 (2023): Jurnal Impresi Indonesia

PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DESA WISATA BANJAREJO

Wisnu Wira Perdana (Universitas Kristen Satya Wacana)
Ester Krisnawati (Universitas Kristen Satya Wacana)
Rendy Hermanto Abraham (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan akun Instagram @desawisatabanjarejo untuk tujuan pemasaran Desa Wisata Banjarejo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Desa Wisata Banjarejo mempromosikan dirinya melalui Instagram dan tantangan yang terkait dengan pengelolaan media sosial Instagram. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan akun Instagram @desawisatabanjarejo sebagai unit observasi. Sedangkan pemanfaatan akun @desawisatabanjarejo sebagai sarana promosi menjadi fokus unit analisis penelitian. Teknik pengumpulan data yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Transkrip wawancara, reduksi data, dan analisis data digunakan sebagai metode analisis data. Metode triangulasi sumber digunakan dalam metode validasi data. Berdasarkan temuan penelitian ini, Desa Wisata Banjarejo telah berhasil dan berhasil mempromosikan dirinya melalui Instagram. Informasi dan kegiatan tentang Desa Wisata Banjarejo menjadi konten yang dipromosikan. Kurangnya sumber daya manusia yang kompeten di bidang desain grafis untuk mengoptimalkan kegiatan promosi terkait dengan kendala yang dihadapi Desa Wisata Banjarejo dalam memanfaatkan media sosial Instagram sebagai sarana promosi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jii

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

The Jurnal Impresi Indonesia provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within the focus and scopes of the journal which can be examined empirically. The journal publishes research articles covering all aspects of social sciences, ranging from management, economics, ...