Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan akun Instagram @desawisatabanjarejo untuk tujuan pemasaran Desa Wisata Banjarejo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Desa Wisata Banjarejo mempromosikan dirinya melalui Instagram dan tantangan yang terkait dengan pengelolaan media sosial Instagram. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan akun Instagram @desawisatabanjarejo sebagai unit observasi. Sedangkan pemanfaatan akun @desawisatabanjarejo sebagai sarana promosi menjadi fokus unit analisis penelitian. Teknik pengumpulan data yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Transkrip wawancara, reduksi data, dan analisis data digunakan sebagai metode analisis data. Metode triangulasi sumber digunakan dalam metode validasi data. Berdasarkan temuan penelitian ini, Desa Wisata Banjarejo telah berhasil dan berhasil mempromosikan dirinya melalui Instagram. Informasi dan kegiatan tentang Desa Wisata Banjarejo menjadi konten yang dipromosikan. Kurangnya sumber daya manusia yang kompeten di bidang desain grafis untuk mengoptimalkan kegiatan promosi terkait dengan kendala yang dihadapi Desa Wisata Banjarejo dalam memanfaatkan media sosial Instagram sebagai sarana promosi.
Copyrights © 2023