Motiva: Jurnal Psikologi
Vol 6, No 1 (2023)

DUKUNGAN ORANG TUA, EFIKASI DIRI BELAJAR SECARA DARING, DAN BURNOUT AKADEMIK PADA SISWA SMA SELAMA COVID-19

Yang D. Azkarisa (Fakultas Psikologi dan Ilmu Budaya, Universitas Islam Indonesia)
Sumedi P Nugraha (Universitas Islam Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan efikasi diri dan dukungan orang tua dalam menjelaskan burnout akademik pada siswa SMA selama pandemi COVID-19. Penelitian ini melibatkan 227 siswa SMA N 1 Lingga yang menjalani pembelajaran daring. Data dikumpulkan secara online dengan menggunakan tiga skala pengukuran yaitu Maslach Burnout Inventory-Students Scale (MBI-SS), General Self Efficacy (GSE) dan Social Support Questionnaire for Children (SSQC). Teknik analisis menggunakan analisis regresi ganda. Hasilnya menunjukkan bahwa efikasi belajar secara daring dan dukungan orang tua mampu memprediksi burnout akademik pada siswa SMA N 1 Lingga selama pembelajaran daring (F= 27.523, p < 0.001).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MV

Publisher

Subject

Education Health Professions Public Health Social Sciences Other

Description

Jurnal ini memuat tulisan-tulisan berupa hasil penelitian Psikologi di bidang Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Klinis, Psikologi Konsumen, Psikologi Perkembangan, dan Psikologi ...