Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial
Vol 7 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial

Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Desa Melalui Musrenbang (Studi Kasus Pada Program Pembangunan Rumah di Desa Fafinesu B, Kecamatan Insana Fafinesu, Kabupaten Timor Tengah Utara )

Yohanes Fina (Universitas Timor)
Alfrido Naiheli (Universitas Timor)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2023

Abstract

Partisipasi masyarakat mengacu pada praktik yang melibatkan penduduk setempat dalam semua tahap pembangunan, mulai dari konseptualisasi hingga pelaksanaan hingga penilaian hasil. Inisiatif yang disediakan pemerintah mendapat manfaat dari keterlibatan masyarakat dalam bentuk partisipasi. Tujuan prakarsa pembangunan rumah Desa Fafinesu B, Kecamatan Insana Fafinesu, Kabupaten Timor Tengah Utara adalah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan paritas sosial melalui penyediaan rumah yang layak dan terjangkau. Oleh karena itu, masalah ini diharapkan dapat diselesaikan dengan bantuan masyarakat. Penyelidikan mengungkapkan bahwa beberapa individu masih tinggal di rumah tidak layak huni atau perumahan lainnya. Tim peneliti di Desa Fafinesu B, Distrik Insana Fafinesu, Kabupaten Timor Tengah Utara melakukan hal itu -- menilai dan mencirikan keterlibatan masyarakat dalam program pembangunan rumah. Ditetapkan bahwa warga Desa Fafinesu B, Distrik Insana Fafinesu, Kabupaten Timor Tengah Utara terlibat aktif dan menemukan nilai dalam program pembangunan rumah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

negara

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

editors accept scientific articles in the form of scientific studies, research works and scientific innovation ideas in the field of public administration, especially related to the development and innovation of public management and public policy that contains social issues that have not been ...