cover
Contact Name
Ika Devy Pramudiana
Contact Email
jimpks6@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jimpks6@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial
ISSN : 25811231     EISSN : 25977334     DOI : -
Core Subject : Social,
editors accept scientific articles in the form of scientific studies, research works and scientific innovation ideas in the field of public administration, especially related to the development and innovation of public management and public policy that contains social issues that have not been published in journals or other scientific media either in Indonesia or abroad.
Arjuna Subject : -
Articles 92 Documents
Implementasi Pelaksanaan Program Sosialisasi, dan Motivasi dalam Peningkatan Kesadaran Kebersihan Lingkungan Masyarakat Imaniar, Dimas
Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.213 KB) | DOI: 10.25139/jmnegara.v1i1.282

Abstract

With thepopulation growthis increasingand the progress ofhuman technologyis growing, garbageis a serious problemandneedhandlingcarefully, as directedbyinnovation-innovation thatisadequatein terms ofall aspects, be it social,economic aspects, as well astechnical aspects. Such conditionscan be predicted thatthe futureof hiscitywill producemoregarbage. Therefore,if nobettertreatmentfrom now onit willresult in achange ofbalancethat can harmthe environmentandis not expected tocontaminate the environmenteitherto water, soil, air, aestheticview ofa city, andcan bedetrimental to health.Forthat we need thecommunications madecleanlinessandlandscapingserviceswithmasyarakaattoprovide counselingabout the need tobe aware of thecleanliness ofthe environment, especiallyin an environmentthat stillthere isnomajorityofpeople who are lessaware oftheenvironmental hygienebecausetheyoccurat randomgarbage disposal. Keywords: Implementation Program, socialization, motivation, andawareness ofHygiene.
Implementasi Pelaksanaan Program Sosialisasi, dan Motivasi dalam Peningkatan Kesadaran Kebersihan Lingkungan Masyarakat Imaniar, Dimas
Jurnal ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25139/jmnegara.v1i1.282

Abstract

With thepopulation growthis increasingand the progress ofhuman technologyis growing, garbageis a serious problemandneedhandlingcarefully, as directedbyinnovation-innovation thatisadequatein terms ofall aspects, be it social,economic aspects, as well astechnical aspects. Such conditionscan be predicted thatthe futureof hiscitywill producemoregarbage. Therefore,if nobettertreatmentfrom now onit willresult in achange ofbalancethat can harmthe environmentandis not expected tocontaminate the environmenteitherto water, soil, air, aestheticview ofa city, andcan bedetrimental to health.Forthat we need thecommunications madecleanlinessandlandscapingserviceswithmasyarakaattoprovide counselingabout the need tobe aware of thecleanliness ofthe environment, especiallyin an environmentthat stillthere isnomajorityofpeople who are lessaware oftheenvironmental hygienebecausetheyoccurat randomgarbage disposal. Keywords: Implementation Program, socialization, motivation, andawareness ofHygiene.
New Public Service : Pelayanan Publik Berbasis Humanistik untuk Kesuksesan Reformasi Birokrasi Ningtyas, Trimurti
Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (372.166 KB) | DOI: 10.25139/jmnegara.v1i1.283

Abstract

Reformasi birokrasi telah menjadi kajian menarik dalam  pemerintahan khususnya pasca reformasi.. Bagaimana menjadi pelayan publik yang diharapkan,serta apa saja yang harus dilakukan seorang birokrat untuk mencapai sebuah birokrasi yang diharapkan rakyatnya akan dibahas dalam tulisan ini. Mewujudkan pelayan publik yang humanistik menjadi tujuan utama dalam penyelenggaraan pelayanan publik dengan menggunakan pendekatan NPS (New Publik Service).  Dalam tulisan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga prinsip utama untuk mewujudkan pelayan publik berbasis humanistik. Pertama, pelayan publik harus mempunyai keinginan untuk melayani masyarakat. Kedua, pelayan publik harus merespon segala bentuk pelyanan tidak hanya dari klien tetapi  seluruh warga negara. Ketiga, akuntabilitas dari pelayanan publik adalah multiaspek. Dari ketiga prinsip tersebut tentunya didukung juga dengan berbagai aspek pendukung lainnya dalam organisasi publik yang tentunya masih akan menjadikajian menarik pada pembahasan tulisan tulisan selanjtnya. Kata kunci : Reformasi birokrasi, New Public Service,  Pelayan Publik, Humanistik
New Public Service : Pelayanan Publik Berbasis Humanistik untuk Kesuksesan Reformasi Birokrasi Ningtyas, Trimurti
Jurnal ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25139/jmnegara.v1i1.283

Abstract

Reformasi birokrasi telah menjadi kajian menarik dalam  pemerintahan khususnya pasca reformasi.. Bagaimana menjadi pelayan publik yang diharapkan,serta apa saja yang harus dilakukan seorang birokrat untuk mencapai sebuah birokrasi yang diharapkan rakyatnya akan dibahas dalam tulisan ini. Mewujudkan pelayan publik yang humanistik menjadi tujuan utama dalam penyelenggaraan pelayanan publik dengan menggunakan pendekatan NPS (New Publik Service).  Dalam tulisan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga prinsip utama untuk mewujudkan pelayan publik berbasis humanistik. Pertama, pelayan publik harus mempunyai keinginan untuk melayani masyarakat. Kedua, pelayan publik harus merespon segala bentuk pelyanan tidak hanya dari klien tetapi  seluruh warga negara. Ketiga, akuntabilitas dari pelayanan publik adalah multiaspek. Dari ketiga prinsip tersebut tentunya didukung juga dengan berbagai aspek pendukung lainnya dalam organisasi publik yang tentunya masih akan menjadikajian menarik pada pembahasan tulisan tulisan selanjtnya. Kata kunci : Reformasi birokrasi, New Public Service,  Pelayan Publik, Humanistik
Peran Pemerintah Kabupaten Ponorogo dalam Pengembangan Kawasan Selingkar Wilis Mahardhani, Ardhana Januar
Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.216 KB) | DOI: 10.25139/jmnegara.v1i1.284

Abstract

Kawasan Selingkar Wilis ini terletak melingkar di lereng GunungWilis Provinsi Jawa Timur, keberadaan enam kabupaten yang melingkar di Gunung Wilis tersebut mempunyai karakteristik wilayah berserta keunggulan lokal yang berbeda, pada nota kesepahaman yang telah disepakati Kawasan Selingkar Wilis diproyeksikan akan dibangun jalan tembus sehingga memudahkan akses pada tiap kabupaten, terutama untuk pengembangan sektor pariwisata. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran kabupaten Ponorogo dalam pengembangan Kawasan Selingkar Wilis, yang terdiri dari apa yang telah dipersiapkan, kendala yang dihadapi, serta rekomendasi apa yang dapat diberikan untuk kelanjutan pengembangan kawasan tersebut. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan metode penelitian kualitatif, teknik dalam pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini adalah bahwasanya Kabupaten Ponorogo telah mempersiapkan objek pariwisata dan infrastruktur berupa jalan yang akan dikembangkan tetapi masih banyak bagian yang perlu diperbaiki, selain itu hendaknya pemerintah daerah Kabupaten Ponorogo lebih berkomitmen dalam pengembangan kawasan ini, perlu adanya wawasan yang lebih luas tentang pentingnya kerjasama kewilayahan guna mengembangkan perekonomian dan pariwisata daerah yang berdaya saing. Kata Kunci: Kerjasama, Daerah, Kawasan, Pariwisata
Peran Pemerintah Kabupaten Ponorogo dalam Pengembangan Kawasan Selingkar Wilis Mahardhani, Ardhana Januar
Jurnal ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25139/jmnegara.v1i1.284

Abstract

Kawasan Selingkar Wilis ini terletak melingkar di lereng GunungWilis Provinsi Jawa Timur, keberadaan enam kabupaten yang melingkar di Gunung Wilis tersebut mempunyai karakteristik wilayah berserta keunggulan lokal yang berbeda, pada nota kesepahaman yang telah disepakati Kawasan Selingkar Wilis diproyeksikan akan dibangun jalan tembus sehingga memudahkan akses pada tiap kabupaten, terutama untuk pengembangan sektor pariwisata. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran kabupaten Ponorogo dalam pengembangan Kawasan Selingkar Wilis, yang terdiri dari apa yang telah dipersiapkan, kendala yang dihadapi, serta rekomendasi apa yang dapat diberikan untuk kelanjutan pengembangan kawasan tersebut. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan metode penelitian kualitatif, teknik dalam pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini adalah bahwasanya Kabupaten Ponorogo telah mempersiapkan objek pariwisata dan infrastruktur berupa jalan yang akan dikembangkan tetapi masih banyak bagian yang perlu diperbaiki, selain itu hendaknya pemerintah daerah Kabupaten Ponorogo lebih berkomitmen dalam pengembangan kawasan ini, perlu adanya wawasan yang lebih luas tentang pentingnya kerjasama kewilayahan guna mengembangkan perekonomian dan pariwisata daerah yang berdaya saing. Kata Kunci: Kerjasama, Daerah, Kawasan, Pariwisata
Struktur Kekuasaan Eksekutif pada Periodesasi Sistem Pemerintahan Indonesia (Tinjauan Teori Integrasi Organisasi) Winengan, Winengan
Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.435 KB) | DOI: 10.25139/jmnegara.v1i1.285

Abstract

Organisasi merupakan lokus dimana kegiatan atau aktivitas administrasi publik diopersionalkan. Namun, administrasi publik bukanlah bagian dari organisasi publik, tetapi sebaliknya, organisasi publik merupakan salah satu unsur dari administrasi publik. Sedangkan fokus kajian organisasi dalam studi administrasi adalah aspek struktur, yaitu kegiatan membagi kekuasaan (tugas dan tanggung jawab) ke beberapa unit fungsi tertentu. Dalam model dasar organisasi yang dikenal dengan model intergrasi, terdapat tiga varian yang membicarakan tentang struktur atau pembagian kekuasaan ini, yaitu weak executive mode, strong executuve model, dan the council-manajer model. Berdasarkan model ini, sistem pemerintahan yang parlementer cenderung memperlihatkan Weak Executive Model, sedangkan sistem pemerintahan presidensial memperlihatkan Strong Executive Model. Dan dalam konteks periodesasi sistem pemerintahan Indonesia, varian model ini mengalami dinamika dari era orde lama hingga era orde reformasi. Kata Kunci: Administrasi Publik, Organisasi, Eksekutive, Model Integrasi
Struktur Kekuasaan Eksekutif pada Periodesasi Sistem Pemerintahan Indonesia (Tinjauan Teori Integrasi Organisasi) Winengan, Winengan
Jurnal ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25139/jmnegara.v1i1.285

Abstract

Organisasi merupakan lokus dimana kegiatan atau aktivitas administrasi publik diopersionalkan. Namun, administrasi publik bukanlah bagian dari organisasi publik, tetapi sebaliknya, organisasi publik merupakan salah satu unsur dari administrasi publik. Sedangkan fokus kajian organisasi dalam studi administrasi adalah aspek struktur, yaitu kegiatan membagi kekuasaan (tugas dan tanggung jawab) ke beberapa unit fungsi tertentu. Dalam model dasar organisasi yang dikenal dengan model intergrasi, terdapat tiga varian yang membicarakan tentang struktur atau pembagian kekuasaan ini, yaitu weak executive mode, strong executuve model, dan the council-manajer model. Berdasarkan model ini, sistem pemerintahan yang parlementer cenderung memperlihatkan Weak Executive Model, sedangkan sistem pemerintahan presidensial memperlihatkan Strong Executive Model. Dan dalam konteks periodesasi sistem pemerintahan Indonesia, varian model ini mengalami dinamika dari era orde lama hingga era orde reformasi. Kata Kunci: Administrasi Publik, Organisasi, Eksekutive, Model Integrasi
Implementasi Kebijakan Lanal Kotabaru (Di Kalimantan Selatan) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Handoko, Bagus; Budiyono, Budiyono
Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.436 KB) | DOI: 10.25139/jmnegara.v1i1.287

Abstract

In developing countries, fishermen are a group of society experiencing social problems such aspoverty and education. The marine high posttension of Indonesia should heve made thefishermen wealthy. In contrast, their economic condition is still so far from wealth, so theyreally need empowerment in order to reach their better future. Kotabaru Lanal Station is one ofthe institutions conducting empowerment for the fishermen in the its responsibility area throughthe empowering programs. To conduct the empowering programs, Kotabaru Lanal Stationcooperates with Kotabaru Regency Government, the empowerment partner.This qualitative research uses the main theory of George Edward III Implementation consistingof four variables, i.e. communication, bureaucracy structure, resources, and disposition. Thepolicy implementation of Kotabaru Lanal Station in fishermen community empowerment hasbeen done well through socialization activities, social assistances, and training, that impactingpositively to Kotabaru fishermen development. The blocking factors to conduct the programsare the minimal budget and the limited human resources of Kotabaru Naval Station. Thesupporting factors to conduct the programs are the supports of Kotabaru Naval Stationpersonnels, Kotabaru Regency Government, and the fishermen.
Implementasi Kebijakan Lanal Kotabaru (Di Kalimantan Selatan) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Handoko, Bagus; Budiyono, Budiyono
Jurnal ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25139/jmnegara.v1i1.287

Abstract

In developing countries, fishermen are a group of society experiencing social problems such aspoverty and education. The marine high posttension of Indonesia should heve made thefishermen wealthy. In contrast, their economic condition is still so far from wealth, so theyreally need empowerment in order to reach their better future. Kotabaru Lanal Station is one ofthe institutions conducting empowerment for the fishermen in the its responsibility area throughthe empowering programs. To conduct the empowering programs, Kotabaru Lanal Stationcooperates with Kotabaru Regency Government, the empowerment partner.This qualitative research uses the main theory of George Edward III Implementation consistingof four variables, i.e. communication, bureaucracy structure, resources, and disposition. Thepolicy implementation of Kotabaru Lanal Station in fishermen community empowerment hasbeen done well through socialization activities, social assistances, and training, that impactingpositively to Kotabaru fishermen development. The blocking factors to conduct the programsare the minimal budget and the limited human resources of Kotabaru Naval Station. Thesupporting factors to conduct the programs are the supports of Kotabaru Naval Stationpersonnels, Kotabaru Regency Government, and the fishermen.

Page 1 of 10 | Total Record : 92