Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Vol 2 No 3 (2023): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia

Implementasi Model LENTERA Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Fatmawati Fatmawati (Universitas Lambung Mangkurat)
Asniwati Asniwati (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model LENTERA untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) selama empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa SDN 2 Banua Kepayang, yang berada di kelas V tahun akademik 2022/2023, memiliki 13 siswa, terdiri dari 5 perempuan dan 8 laki-laki, yang mengikuti kegiatan PTK. Hasil penelitian menunjukan bahwa  Hasil belajar siswa pada pertemuan pertama mencapai 39% dengan kriteria Kurang Aktif dan meningkat pada pertemuan keempat menjadi 92% dengan kriteria Sangat Aktif. Pada pertemuan pertama, hasil belajar siswa mencapai 46% dengan ketuntasan klasikal, dan pada pertemuan keempat mencapai 100%. Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran LENTERA meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jupenji

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, merupakan Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran dengan Fokus dan scope hasil penelitian, tinjauan teoritis dan konseptual dalam bidang pendidikan dan pembelajaran pada semua tingkat pendidikan. Pendidikan dasar, Pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. ...