Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Vol 2 No 1 (2023): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia

Penerapan Model Problem Based Intruction (PBI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Lia Hamimi (STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya)
Nisya Fajri (STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya)
Irwansyah Irwansyah (STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya)
Baidullah Baidullah (STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya)
Ulfa Fajrina (STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) dibandingkan pembelajaran konvensional pada materi trigonometri di kelas X SMAN 6 Aceh Barat Daya. Jenis penelitian ini adalah true eksperimen design dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Proses pembelajaran pada kelompok eksperimen melalui Model Pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) dan kelompok kontrol melalui pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 6 Aceh Barat Daya yang berjumlah 140, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X1 SMA Negeri 6 Aceh Barat Daya sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X4 SMA Negeri 6 Aceh Barat Daya sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes melalui Pretes dan Posttes yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas control. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai Zhitung sebesar -2,79 dengan Maka ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi trigonometri di kelas X SMAN 6 Aceh Barat Daya”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jupenji

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, merupakan Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran dengan Fokus dan scope hasil penelitian, tinjauan teoritis dan konseptual dalam bidang pendidikan dan pembelajaran pada semua tingkat pendidikan. Pendidikan dasar, Pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. ...