Borobudur Management Review
Vol 3 No 1 (2023): Vol 3 No: 1 (2023)

Pengaruh Kemampuan Kerja, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi Empiris pada Puskesamas Kecamatan Candimulyo)

Laela Novianti Dewi (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Dahli Suhaeli (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Lukluk Atul Hidayati (Universitas Muhammadiyah Magelang)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Kemampuan Kerja, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh karyawan Puskesmas Kecamatan Candimulyo, baik Puskesmas Utama maupun Puskesmas Pembantu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 73 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan sampling jenuh. Alat analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu regresi linier berganda, pengujian instrument, koefisien determinasi, dan uji hipotesis dengan berbantu program IBM SPSS 22 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kemampuan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05). Variabel motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikansi 0,047 (<0,05). Variabel disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikansi 0,045 (<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan kerja, motivasi kerja, dan disiplin kerja secara bersama-sama mempengaruhi kinerja karyawan Puskesmas Kecamatan Candimulyo.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bmar

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

BMAR is a peer-reviewed journal that aims to provide original research articles, review articles, and case study on economic management. This journal is issued twice a year and it is a tool for researchers, academics, and practitioners who wished to channel their thoughts and findings in the field ...