Jurnal Visi Komunikasi
Vol 22, No 01 (2023): MEI 2023

PENGARUH TENTANG BERITA HOAX DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA KASUS FPI-POLRI DI KM.50 TERHADAP PERUBAHAN SIKAP REMAJA RT10/01 DI LINGKUNGAN PANCORAN BARAT IV

Adam Rivai (STIKOM INTERSTUDI)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk merubah pola fikir masyarakat kususnya pemuda pancoran barat IV Rt10/01, agar kedepan nya nanti lebih bijak mengamati dalam sebuah informasi yang diterima. Penelitian ini menyadarkan pemuda masyarakat pancoran barat IV akan pentingnya mencari data dan menelusuri sumber-sumber terpercaya yang nantinya dikonsentrasikan secara tepat dan akurat. Semua bersama-sama tidak secara luas mempengaruhi penyebaran berita di media sosial yang berbasis web menyebar dengan cepat. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan memanfaatkan kajian informasi esensial berupa survei dengan Skala likert dengan skor 1-5 mulai dari sangat setuju (SS), setuju (S), cukup setuju (CS), tidak setuju (TS) dan sampai dengan sangat tidak setuju (STS). Bedasarkan hasil penelitian pengaruh berita Hoax di instagram terhadap perubahan sikap remaja antara usia 20-25 tahun, dengan skor 0,620 (cukup kuat). adapun mayoritas responden berjenis kelamin Laki-laki dengan persentase (57%) dengan usia terbanyak antara 20 sampai dengan 25 tahun, dengan persentase (64,5). Adapun yang berjenis kelamin perempuan sebesar (43%) dengan usia dibawah 20 tahun. Hasil uji pengukuran menunjukan bahwa variabel X (Berita Hoax di Instagram) dan variabel Y (Perubahan sikap remaja) dan semua indikator memiliki tingkat validitas yang memenuhi syarat, karena nilai KMO variabel X sebesar (0,837) dan variabel Y sebesar (0,854). Nilai ini melebihi 0,5 yang berarti nilai tersebut valid dan memenuhi syarat. Kemudian nilai Alpha Cronbach untuk variabel X sebesar (0,865) dan Y sebesar (0,910). Kedepan nya untuk pencegahan suatu berita hoax remaja lingkungan pancoran barat IV harus lebih bijak menanggapi berita di instagram. tidak melihat dari satu sumber dan lebih bertanggung jawab menyebarkan info pemberitaan yang ada di media sosial instagram, di harapkan pemerintah lebih tegas menindak pelaku yang menyebarkan berita Hoax.Kata kunci : Komunikasi, Media Sosial, Instagram, Informasi Hoax, Perubahan Sikap.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

viskom

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Visi Komunikasi [p-ISSN: 1412-3037 | e-ISSN: 2581-2335] has been published since 2007 byFakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jakarta, Indonesia. Jurnal Visi Komunikasi is a bi-annual journal issued on May and November. It consists of research-based articles and /or conceptual ...