Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 2 (2022): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SD INPRES BUTTATIANANG II MAKASSAR

Siti Nur Asia (Universitas Bosowa)
Muhammad Asdam (Universitas Bosowa)
Muhammad Bakri (Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Inpres Buttatianang II Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan desain penelitian posttest-only Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV-B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS versi 25 for windows. Hasil penelitian data uji hipotesis menggunakan uji-t (Independent sampel t test) didapatkan nilai tHitung > tTabel yaitu 6,595 > 2,024 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar bahasa Indonesia kelas IV di SD Inpres Buttatianang II Makassar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...