Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara bimbingan belajar orang tua dengan perilaku disiplin dan hasil belajar siswa SD Inpres Lanraki 2 Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas I-VI SD Inpres Lanraki 2 sebanyak 312 siswa dengan sampel sebanyak 40 yang dipilih secara acak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner berupa angket bimbingan belajar orang tua dan angket perilaku disiplin serta menggunakan teknik dokumentasi untuk memperoleh data hasil belajar. Data yang diperoleh di analisis menggunakan uji korelasi ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bimbingan belajar orang tua mempunyai hubungan yang positif pada perilaku disiplin dan hasil belajar siswa SD Inpres Lanraki 2 Kota Makassar. Hal ini menunjukkan bahwa jika bimbingan belajar orang tua dan perilaku disiplin di tingkatkan maka hasil belajar juga akan meningkat.
Copyrights © 2023