Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 1 (2023): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR ORANGTUA TERHADAP PERILAKU DISIPLIN DAN HASIL BELAJAR SISWA SD INPRES LANRAKI 2 KOTA MAKASSAR

St Aisah Wahyu Ningsih (Universitas Bosowa)
Syahriah Madjid (Universitas Bosowa)
Tismi Dipalaya (Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara bimbingan belajar orang tua dengan perilaku disiplin dan hasil belajar siswa SD Inpres Lanraki 2 Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas I-VI SD Inpres Lanraki 2 sebanyak 312 siswa dengan sampel sebanyak 40 yang dipilih secara acak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner berupa angket bimbingan belajar orang tua dan angket perilaku disiplin serta menggunakan teknik dokumentasi untuk memperoleh data hasil belajar. Data yang diperoleh di analisis menggunakan uji korelasi ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bimbingan belajar orang tua mempunyai hubungan yang positif pada perilaku disiplin dan hasil belajar siswa SD Inpres Lanraki 2 Kota Makassar. Hal ini menunjukkan bahwa jika bimbingan belajar orang tua dan perilaku disiplin di tingkatkan maka hasil belajar juga akan meningkat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...