Biology and Education Journal (BaEJ)
2021: Special Issue: COVID-19

Hubungan Minat dan Cara Belajardengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018

Puja Pangestu (Universitas Islam Riau)
Suryanti (Universitas Islam Riau)
Mellisa (Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat dan cara belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP se-Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai bulan Mei 2018. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dan pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 171 siswa dengan tingkat kemampuan akademik yang berbeda. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi Person Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata seluruh sub indikator minat pada akademik tinggi sebesar 62,94%, akademik sedang sebesar 62,20%, akademik rendah 46,30.% (2) rata-rata seluruh sub indikator cara belajar pada akademik tinggi sebesar 68,15%, akademik sedang sebesar 67,25%, akademik rendah 57,92.% (3) hasil belajar siswa akademik tinggi 26,31%, akademik sedang 52,63%, akademik rendah 21,05%. Untuk simpulan penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara minat (X1), dan cara belajar (X2),dengan hasil belajar IPA (Y) pada akademik tinggi dengan nilai koefisien korelasi rx1x2y sebesar 0,450 (2) terdapat hubungan yang signifikan antara minat (X1), dan cara belajar (X2),dengan hasil belajar IPA (Y) pada akademik sedang dengan nilai koefisien korelasi rx1xy sebesar 0,314 (3) terdapat hubungan yang signifikan antara minat (X1), dan cara belajar (X2),dengan hasil belajar IPA (Y) pada akademik rendah dengan nilai koefisien korelasi rx1xy sebesar 0,418. Untuk nilai uji signifikan didapatkan bahwa pada akademik tinggi,minat (X1),cara belajar (X2) dengan hasil belajar (Y) thitung (3,30)> tabel (2,02). Pada akademik sedang, minat (X1), cara belajar (X2) dengan hasil belajar (Y) thitung (2,93)> tabel (1,98). Pada akademik rendah, minat (X1), cara belajar (X2) dengan hasil belajar (Y) thitung (3.01)> tabel (2,01). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat dan cara belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

baej

Publisher

Subject

Education

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the Biology (nature science) and Biology Education. Biology and Education Journal particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of ...