Iseedu: Journal of Islamic Educational Thoughts and Practices
Vol 7, No 1 (2023): May

Implementasi Metode Active Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama

Maulana Nashrul Abror (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Mohammad Zakki Azani (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Ilfa Munazah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan implementasi metode pembelajaran aktif dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat metode pembelajaran aktif pada mata pelajaran PAI kelas X di SMK Negeri 6 Surakarta. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dan penelitian kualitatif deksriptif yang digunakan dalam penelitian ini guna mendeksripsikan fenomena yang ada. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian penerapan metode pembelajaran aktif pada pembelajaran PAI kelas X di SMK Negeri 6 Surakarta adalah dalam penerapan metode pembelajaran aktif guru PAI kelas X di SMK Negeri 6 Surakarta menggunakan metode diskusi,panduan pengajaran, pencarian informasi, investigasi kelompok yang disesuaikan dengan materi yang disampaikan. Penggunaan metode ini membuat suasana kelas terlihat menyenangkan karena metode pembelajaran aktif tidak membosankan. Peserta dilatih lebih termotivasi untuk berkreativitas, menuangkan imajinasinya, dan lain sebagainya. Faktor pendukung dalam penerapan metode active learning ini adalah adanya dukungan dari instansi baik itu sekolah maupun pemerintah. Kemudian sarana infrastruktur yang memadai seperti koneksi internet, LCD proyektor dan lain sebagainya. Peserta didik yang merasa nyaman Ketika pembelajaran active learning . Serta peningkatan kompetensi guru PAI yang selalu di upgrade . Sedangkan faktor penghambatnya adalah latar belakang peserta didik yang berbeda, genetik berbeda, dan budayanya berbeda. Serta lemahnya koneksi internet wifi di sekolah karena belum merata di semua kelas di SMK Negeri 6 Surakarta.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

iseedu

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Iseedu: Journal of Islamic Educational Thoughts and Practices is to challenge exellence in professional education by promoting forward-research-finding scholar, progressive and innovative, to bridge the gap between education and professional practice to inspire and challenge tomorrow’s ...