DedikasiMU: Journal of Community Service
Vol 5 No 3 (2023): DedikasiMU September

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI YANG BERKARAKTER ISLAMI

Ayunda Sayyidatul Ifadah (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Fitri Ayu Fatmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2023

Abstract

Peran dan figur dari seorang pendidik atau seorang guru menjadi tonggak dalam pembentukan karakter Islami (akhlaqul karimah) pada anak didik. Selain pendidik orang tua juga berperan penting dalam pendidikan karakter islami anak. Keluarga merupakan tempat awal anak mempelajari norma agama, nilai dan adat istiadat yang ada di masyarakat (Masfufah, 2021). Selama pandemi dan pasca covid-19 lembaga kurang maksimal dalam menerapkan pendidikan karakter islami anak karena keterbatasan dalam waktu pembelajaran tatap muka. Anak lebih banyak melaksanakan pembelajaran dirumah, sedangkan lembaga belum mempersiapkan program pendidikan karakter islami yang dapat dilaksanakan dengan bantuan orang tua di rumah. Sehingga orang tua belum memiliki pemahaman tentang materi – materi tentang pendidikan karakter islami untuk anak. Padahal seharusnya lembaga memfasilitasi dengan lebih baik dalam pendidikan keorangtuaan atau parenting. Kegiatan ini bertujuan supaya pendidikan anak ketika di sekolah selaras dengan pendidikan orang tua di rumah (Kholisatul Nurjanah, 2017).Dari hasil analisa diatas solusi untuk permasalahan yang dihadapi yaitu kami mengadakan pengabdian masyarakat dalam bentuk seminar. Target dalam seminar ini adalah pendidik dan wali murid TK Pembangunan Desa Plosobuden Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dedikasimu

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Electrical & Electronics Engineering Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Medicine & Pharmacology Social Sciences

Description

Jurnal DedikasiMU merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat yang mewadai hasil pengabdian dosen, praktisi atau mahasiswa kepada masyarakat yang menerapkan model ataupun konsep dalam bidang pendidikan, teknik, kesehatan, psikologi, sosiologi, hukum, pertanian, ekonomi dan keagamaan yang bertujuan ...