Inverted
Vol 3, No 2: Juli 2023

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika

Ni Wayan Sriwati (Unknown)
Dian Novian (Unknown)
Tajuddin Abdillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKJ 1 pada mata pelajaran Informatika di SMK  N 2 Limboto melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah Peenelitian Tindakan Kelas(PTK).Penelitian ini dilakukan dengan  dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek  penelitiannya adalah siswa kelas X TKJ 1 pada mata pelajaran Informatika semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 30 siswa . Pengambilan data melalui tes hasil belajar siswa menggunakan Pree tes Dan Posttes. Pengolahan data dilakukan secara Kuantitatif dengan  melihat pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan hasil belajar siswa. Tingkat ketuntasan yang diperlukan adalah 80% siswa mencapai KKM(Kriteria Ketuntasan Minimal)  dengan nilai 80. Hasil penelitian ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa  kelas X TKJ 1 SMK N 2 Limboto. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari data Siklus I 43,3% menjadi 97% pada siklus II. Apabila melihat ketuntansan dari data awal tingkat ketuntasan siswa sebelum tindakan 6,7% meningkat menjadi 97 %.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

inverted

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Inverted: Journal of Information Technology Education is published by Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Gorontalo. This journal is published twice a year in January and July. This journal specifically focuses on Education Technology (Education, Multimedia, Gamification, Web, Mobile, ...