Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKJ 1 pada mata pelajaran Informatika di SMK N 2 Limboto melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah Peenelitian Tindakan Kelas(PTK).Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X TKJ 1 pada mata pelajaran Informatika semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 30 siswa . Pengambilan data melalui tes hasil belajar siswa menggunakan Pree tes Dan Posttes. Pengolahan data dilakukan secara Kuantitatif dengan melihat pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan hasil belajar siswa. Tingkat ketuntasan yang diperlukan adalah 80% siswa mencapai KKM(Kriteria Ketuntasan Minimal) dengan nilai 80. Hasil penelitian ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKJ 1 SMK N 2 Limboto. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari data Siklus I 43,3% menjadi 97% pada siklus II. Apabila melihat ketuntansan dari data awal tingkat ketuntasan siswa sebelum tindakan 6,7% meningkat menjadi 97 %.
Copyrights © 2023