Dunia pemasaran yang semakin canggih yang mengharuskan sebuah perusahaan agar dapatmemiliki keunggulan dalam bersaing, dimana ilmu pengetahuan dan teknologi mengakibatkanhidup manusia semakin berkembang pesat, terutama dalam pemasaran produk – produkkosmetik. MS Glow merupakan salah satu brand kosmetik di Indonesia yang sangat suksesdikenal oleh masyarakat. Dalam pemasarannya, MS Glow menggunakan strategi omnichannelmarketing dimana penjualan produknya dilakukan secara offline dan online sehingga lebih mudahmenjangkau konsumen. Dalam penelitian ini penulis data yang digunakan adalah data primeryang diperoleh dari kunjungan lokasi, penyebaran kuesioner secara offline dan juga wawancarakepada distributor MS Glow yang ada di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kluster KPrototypes yang memiliki tujuan untuk mengetahui pengelompokkan dan pengaruh lokasi yangstrategis terhadap penjualan produk MS Glow di Surabaya berdasarkan modal dan pendapatanyang diterima per bulan. Lokasi distributor MS Glow di Surabaya tersebar di 5 wilayah Surabayayaitu Surabaya Utara, Surabaya Selatan, Surabaya Barat, Surabaya Timur dan Surabaya Pusat.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi omnichannel marketing yang dimiliki olehMS Glow tidak efektif dilakukan di Surabaya karena penduduk Surabaya lebih suka berbelanjaatau membeli produk MS Glow secara offline dibandingkan online karena lebih terjamin keasliandari produknya.
Copyrights © 2023