Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (SNHRP)
Vol. 5 (2023): Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (SNHRP) Ke 5 Tahun 2023

Fungsi Kelompok Tani Dalam Pengembangan Budidaya Bunga Krisan (Studi Kasus Di Kalurahan Hargobinangun Kapanewon Pakem Kabupaten Sleman)

Sri Kuning Retno Dewandini (Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya)
Paksi Mei Penggalih (Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya)
Yudhistira Saraswati (Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2023

Abstract

Krisan merupakan tanaman bunga yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan layak untuk di usahakan. Salah satu wilayah yang menjadi sentra budidaya bunga krisan adalah Kalurahan Hargobinangun Kapanewon Pakem Kabupaten Sleman. Beberapa petani yang membudidayakan tanaman bunga krisan di wilayah tersebut tergabung dalam kelompok tani. Akhir-akhir ini, petani banyak mendapatkan tawaran harga yang tinggi dari luar kelompoknya, sehingga menimbulkan naik turunnya motivasi petani yang tergabung dalam kelompok tani. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji fungsi kelompok tani sebagai kelas belajar, wahana kerjasama, dan unit produksi dalam pengembangan budidaya bunga krisan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan strategi studi kasus. Penentuan informan kunci dilakukan dengan purposive sampling yaitu sebanyak 7 orang yang dianggap mengetahui tentang informasi yang diperlukan. Metode analisis data Miles dan Huberman digunakan dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok tani bunga krisan berfungsi sebagai kelas belajar, wahana kerjasama, dan unit produksi sehingga menjadikan anggota kelompok menjadi mandiri dalam usahataninya. Anggota kelompok tani mampu membuat pertimbangan dan yakin akan kemampuan dirinya untuk berhasil.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

snhrp

Publisher

Subject

Other

Description

Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (SNHRP) merupakan salah satu ajang mempertemukan para peneliti disemua bidang pada tingkat nasional. Tujuan diadakan kegiatan ini agar peneliti akan mampu mengembangkan jaringan sosial, bertukar pengetahuan dan membangun jaringan yang kuat antara komunitas ...