Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu komunikasi Media dan Cinema
Vol. 6 No. 1 (2023): September

Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Informasi dan Publikasi (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram @rumahkimkotatangerang)

Alfira Damayanti (Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang)
Isniyunisyafna Diah Delima (Unknown)
Ari Suseno (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Media sosial memiliki kepentingan yang signifikan bagi masyarakat, menyediakan informasi yang cepat, efisien, dan akurat melalui berbagai saluran komunikasi yang digunakan oleh organisasi, perusahaan, dan pemerintah. Salah satunya pemanfaatan media sosial yang dilakukan oleh Rumah KIM Kota Tangerang. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pemanfaatan yang dilakukan oleh Rumah KIM sebagai media informasi dan publikasi kepada masyarakat serta kelompok informasi masyarakat (KIM) lalu hambatan yang dialami oleh akun instagram @rumahkimkotatangerang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian studi deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan model analisis data Miles and Huberman, diantaranya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, dalam pemanfaatan media sosial Instagram @rumahkimkotatangerang sudah cukup optimal hanya saja ada beberapa indikator yang masih kurang. Serta faktor penghambat yang dialami yaitu konten, design dan minat masyarakat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pikma

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu komunikasi Media dan Cinema adalah publikasi ilmiah yang pertama kali terbit pada tahun 2018. Jurnal PIKMA dipublikasikan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Sosial, Universitas AMIKOM Yogyakarta. Selain itu, Jurnal PIKMA diterbitkan dua kali dalam ...