Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech)
Vol 6 No 2 (2023): Agustus

Faktor yang Paling Mempengaruhi Keputusan dalam Menggunakan TikTok Shop

Muhammad Daral Darullah (Universitas Ciputra Surabaya)
Rinabi Tanamal (Universitas Ciputra Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Perkembangan media sosial telah melewati banyak perubahan. Dulu, fungsi dari teknologi informasi hanya dipakai untuk media berkomunikasi, tetapi sekarang bertumbuh sebagai sarana promosi, periklanan, dan berkembang fungsinya menjadi sarana hiburan. Karena berkembangnya teknologi, media sosial sekarang juga bisa digunakan untuk sarana hiburan. Konsumen web saat ini dapat menggunakan beragam media sosial. Saat ini media informasi yang paling banyak digunakan antara lain Youtube , FaceBook, Instagran, Whatsapp (WA) dan TikTok. Penelitian ini berpusat pada media sosial yaitu aplikasi TikTok yang akhir-akhir ini menjadi viral sebagai media sosial favorit anak remaja. Studi ini menganalisis penggunaan TikTok Shop sebagai alat periklanan. Variabel yang diuji meliputi konten iklan media sosial, citra merek, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan niat perilaku toko TikTok. Dalam survei ini, kami menggunakan survei yang dibuat di Google Formulir untuk mengumpulkan 117 responden. Peneliti akan menggunakan metode regresi linear berganda dan menggunakan bahasa dari Python. Hasilnya adalah konten iklan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku untuk menggunakan TikTok Shop. Variabel citra merek berpengaruh positif terhadap niat perilaku tetapi tidak signifikan. Untuk variabel persepsi kemudahan berdampak positif pada niat perilaku menggunakan TikTok Shop tetapi tidak signifikan. Terakhir, persepsi kemudahan berdampak negatif terhadap niat perilaku penggunaan TikTok Shop. Dikarenakan variabel social media advertising content memiliki nilai tertinggi, disini bisa disimpulkan bahwa konten video promosi dari TikTok Shop atau TikTok dapat dikatakan baik. TikTok Shop dapat menggambarkan produk aslinya seperti pada video konten promosi, infromasi yang diberikan perihal produk dari video konten dapat dipercaya, iklan video promosi yang ada di TikTok Shop berbeda dari sosial media lainnya, dan iklan promosi yang ditawarkan di TikTok Shop sangat up to date.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jematech

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech) is a scientific journal published by the Faculty of Economics Qur’anic Science University (UNSIQ) Wonosobo, Indonesia since 2018. JEMATech scope is the science of economics, management, accounting and Technology with ISSN ...