Pembelajaran matematika memerlukan banyak waktu untuk mengerjakan soal-soal latihan, karena keterbatasan waktu yang ada di sekolah maka guru sering memberikan latihan sebagai pekerjaan rumah. Namun di era yang serba digital ini, peserta didik Fase E lebih tertarik bermain Android daripada mengerjakan tugas-tugas tersebut. Oleh karena itu, perlu dikembangkan media pembelajaran matematika berbasis Android untuk menarik minat peserta didik dalam mengerjakan soal latihan. Selain itu, peserta didik juga dapat mengatur urutan topik soal latihan sehingga terciptalah suatu proses pembelajaran yang mandiri. Pada penelitian ini dikembangkan suatu media pembelajaran matematika berbasis Android menggunakan Wordwall untuk tingkat SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh media pembelajaran digital yang teruji kevalidan dan kepraktisannya, sehingga dapat digunakan oleh guru dan peserta didik di Fase E (Kelas X SMA). Penelitian menggunakan desain Research and Development dengan tahapan Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Uji Coba Produk, Revisi Produk, dan Produk Akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memiliki rata-rata tingkat kevalidan sebesar 90,15% dengan kriteria sangat valid dan rata-rata tingkat kepraktisan sebesar 84,84% dengan kriteria praktis. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan media pembelajaran yang layak digunakan karena sudah teruji kevalidan dan kepraktisannya
Copyrights © 2023