Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks eksplanasi melalui diskusi kelompok dan hasil keterampilan menulis teks eksplanasi. Penelitian ini menarik untuk diteliti karena terdapat peserta didik yang masih kurang aktif dalam berpendapat saat pembelajaran, maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti kemampuan dalam keterampilan berbicara. Dilakukan pada peserta didik kelas XI di SMA Al-Islam Krian setelah pembelajaran menggunakan metode diskusi kelompok menggunakan model pembelajaran PjBL dalam tindakan kelas yang terdiri dari empat komponen, yaitu rancangan tindakan, pelaksanaan, observasi dan refleksi melalui dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 di SMA Al-Islam Krian. Berdasarkan hasil observasi prasiklus terlihat siswa kurang begitu aktif saat pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan 2 (dua) siklus. Pada siklus 1 memiliki angka 71% terkait aktivitas peserta didik atau hanya 102 aktivitas yang terlaksana. Terlihat saat unjuk kerja peserta didik memperoleh70% dan 6 peserta didik yang belum mencukupi KKM. Pada tahap siklus 2 jumlah peserta didik aktif menjadi 90% atau 18 peserta didik yang sudah aktif saat pembelajaran. Nilai tersebut sudah mencapai KKM yang ditetapkan di sekolah yaitu 82. Pada siklus 2 (dua) di aktivitas peserta didik mencapai 95% dan unjuk kerja memperoleh 90%. Kata Kunci: keterampilan berbicara, PjBL, teks eksplanasi
Copyrights © 2023